Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sudi Silalahi, Mensesneg Era Presiden SBY Meninggal karena Sakit

Wasekjen Partai Demokrat Jansen Sitindaon mengatakan bahwa Sudi Silalahi, Mensesneg era SBY meninggal di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta karena sakit.
Sudi Silalahi (FOTO ANTARA/Rumgapres/Haryono)
Sudi Silalahi (FOTO ANTARA/Rumgapres/Haryono)

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Sekretaris Negara era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Sudi Silalahi meninggal dunia pada Senin (25/10) malam pukul 23.50 WIB di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta.

Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) Partai Demokrat Jansen Sitindaon mengatakan bahwa Sudi Silalahi meninggal di RSPAD karena sakit.

"Pagi ini dapat berita dukacita. Telah meninggal Bapak Letjen TNI (Purn) Sudi Silalahi jam 23.50 di RSPAD karena sakit. Terima kasih atas pengabdian dan perjuanganmu bagi Indonesia. Selamat jalan Jenderal kebanggaan kelahiran Tanah Jawa, Simalungun, Sumatra Utara, 13 Juli 1949," kata Jansen melalui akun Twitter @jansen_jsp, Selasa (26/10/2021).

Jansen mengenang Sudi Silalahi sebagai sosok yang baik dan selalu tersenyum semasa hidupnya.

"Terimakasih atas segala kebaikan yg pernah pak Sudi berikan. Pak Sudi orang baik dan selalu penuh dengan senyum. Beristirahatlah dgn tenang pak. Kami berdoa semoga kelurga yg ditinggalkan dikuatkan," ujarnya.

Ucapan duka cita juga disampaikan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD.

“Inna lillah wa inna ilaihi raji’un. Allah SWT telah memanggil Sudi Silalahi ke haribaan-Nya Senin malam (25/10/2021),” tulisnya lewat akun Twitter @mohmahfudmd, Selasa (26/10/2021).

Mahfud mengatakan bahwa semasa hidupnya Sudi merupakan sosok yang dianggap sebagai sahabat baiknya.

“Semoga husnul khatimah. Almarhum adalah teman baik saya sejak menjadi Pangdam V di Jatim, kemudian Sesmenko Polhukam, Seskab, dan Mensesneg. Almarhum adalah sahabat yang baik,” tulisnya.

Dikutip melalui situs Kepustakaan Presiden Perpustakaan Nasional, Selasa (26/10/2021), Sudi Silalahi lahir pada 13 Juli 1949 di Pematang Siantar.

Dirinya menekuni profesi tentara ddan mengakhiri karir militer dengan pangkat Letnan Jenderal (Letjen) TNI (Purn) lulusan Akademi Milter pada 1972.

Sudi Silalahi sempat memegang sejumlah jabatan penting selama berkarir di dunia militer, yaitu sebagai Wakil Assospol Kasospol ABRI pada 1996-1997, Kepala Staf Kodam Jaya pada 1998, Askomsos Kaster ABRI sejak Oktober 1998, Pangdam V Brawijaya Surabaya pada 1999.

Dirinya mengawali karier di pemerintahan kala menjadi sekretaris SBY saat menjabat Menko Polkam di bawah pemerintahan Megawati Soekarnoputri sebagai Sekretaris.

SBY selanjutnya menunjuk Sudi Silalahi sebagai Sekretaris Kabinet dalam Kabinet Indonesia Bersatu 2004-2009. Kemudian, ditunjuk sebagai Menteri Sekretaris Negara pada Kabinet Indonesia Bersatu II periode 2009-2014.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper