Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Rachel Vennya Gunakan Pelat Kendaraan RFS Khusus Pejabat, Ini Penjelasannya!

Pelat nomor kendaraan Rachel Vennya berhasil menuai perhatian publik. Pasalnya, RFS biasanya merupakan pelat nomor khusus.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 24 Oktober 2021  |  09:45 WIB
Rachel Vennya - Instagram/rachelvennya
Rachel Vennya - Instagram/rachelvennya

Bisnis.com, JAKARTA - Selebgram Rachel Vennya yang tengah menjadi sorotan setelah terlibat dalam kasus mafia karantina menyambangi Kantor Polda Metro Jaya menggunakan Toyota Velfire warna hitam dengan pelat nomor B 139 RFS.

Pelat nomor tersebut berhasil menuai perhatian publik. Pasalnya, RFS biasanya merupakan pelat nomor khusus.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Sambodo Purnomo Yogo mengatakan pelat nomor kendaraan di mobil Rachel Vennya bukan nomor khusus. Alasannya, jumlah angka di nomor polisi itu hanya tiga angka.

"Pelat RFS yang disebut nomor khusus itu yang empat angka. Itu biasa kita berikan kepada pelat merah," kata Sambodo di kantornya, Jumat (22/10/2021).

Pelat nomor kendaraan merupakan salah satu atribut yang wajib dipasang di kendaraan seseorang sebagai identitas kendaraan tersebut. Kode pelat nomor kendaraan pun tersedia dalam berbagai macam serta ada beberapa pelat nomor kendaraan khusus.

Umumnya pelat nomor kendaraan yang sering terlihat diawali dengan kode pelat kota asal, contohnya A, B, D, E, F, T, Z untuk wilayah Jawa Barat dan sekitarnya, dan G, H, K, R, AA, AB, AD untuk TNKB Jawa Tengah dan Yogyakarta.

Rachel Vennya terlihat menggunakan mobil dengan plat RFS untuk datang ke kepolisian. Jelas kode tersebut bukan menunjukkan kode wilayah serta penggunaannya sangat jarang terlihat.

Lantas, apa arti dari kode plat nomor atau TNKB RF ini?

Mengutip dari Tempo, kode plat nomor dengan awalan huruf RF adalah TNKB Khusus dan merupakan singkatan dari Reformasi, yang dikenakan pada kendaraan milik seseorang yang bekerja di instansi atau badan tertentu.

Dalam Peraturan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2012 tentang Penerbitan Rekomendasi Surat Tanda Nomor Kendaraan bermotor dan Tanda Nomor Kendaraan Bermotor Khusus dan Rahasia Bagi Kendaraan Bermotor Dinas, dijelaskan bahwa TNKB khusus diberikan kepada kendaraan bermotor dinas yang digunakan oleh pejabat TNI, Polri, dan Instansi Pemerintahan dan diberikan kepada pejabat eselon I, eselon II, dan eselon III.

Plat RF sendiri ada dalam beberapa variasi yang berbeda tergantung siapa penggunanya. Berikut macam-macam kode pelat RF beserta fungsinya seperti yang dikutip dari Auto2000:

RFS yaitu kepanjangan dari Reformasi Sekretariat Negara. Kode khusus ini digunakan untuk kendaraan pejabat sipil negara. Kode RFS khusus diperuntukkan bagi pejabat eselon 1 (setingkat Direktur Jenderal di kementerian).

RFO, RFH, dan RFQ dikhususkan bagi kendaraan milik pejabat eselon 2 (setingkat Direktur di kementerian). Kode RFH sendiri memiliki kepanjangan dari Reformasi Hukum (kendaraan petinggi departemen pertahanan dan keamanan). Berikut ini adalah kode-kode khusus lainnya:

- RFP adalah singkatan dari Reformasi Polisi. Kode ini dikhususkan bagi pejabat Kepolisian Republik Indonesia (POLRI).

- RFD memiliki kepanjangan dari Reformasi Darat, dan dikhususkan bagi kendaraan pejabat TNI Angkatan Darat.

- RFL merupakan kepanjangan dari Reformasi Laut dan kode ini dikhususkan bagi kendaraan pejabat TNI Angkatan Laut.

- RFU adalah singkatan dari Reformasi Udara. Kode ini diberikan khusus bagi kendaraan pejabat TNI Angkatan Udara.

Kode pelat nomor kendaraan atau pelat khusus RF tidak bisa digunakan oleh sembarangan orang. Ketentuan atas kepemilikan kendaraan dengan plat RF telah diatur dalam Peraturan Kapolri No. 3 Tahun 2012 tentang Penerbitan Rekomendasi STNK dan TNKB Khusus dan Rahasia bagi Kendaraan Bermotor Dinas.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pelat nomor kendaraan Rachel Vennya

Sumber : Tempo

Editor : Hadijah Alaydrus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top