Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Menyambut Peringatan Maulid Nabi, Ini Sejarah dan Asal-usulnya

Hari libur Maulid Nabi kini diterima universal lebih di 40 negara. Simak sejarah Maulid Nabi di dunia.
Saat merayakan Maulid Nabi Muhammad SAW, rakyat Gorontalo biasanya berbondong-bondong untuk menyaksikan parade kue walima./Antara
Saat merayakan Maulid Nabi Muhammad SAW, rakyat Gorontalo biasanya berbondong-bondong untuk menyaksikan parade kue walima./Antara

Bisnis.com, JAKARTA – Sama halnya dengan agama lain, umat muslim pun memiliki kalender agama. Kalender tersebut menguraikan peristiwa-peristiwa khusus yang perlu dirayakan oleh para penganutnya. Salah satu di antara peristiwa yang digariskan dalam kalender Islam adalah Maulid Nabi. 

Namun, ada sebagian umat muslim yang tidak menyetujui perayaan tersebut. Mereka berargumen dari perspektif Al-Qur'an dan Sunnah bahwa itu adalah Bid'ah, sebuah inovasi dalam agama. 

Meski begitu, Anda mungkin ingin mempelajari lebih lanjut tentang perayaan dan signifikansinya dalam dunia kepercayaan Muslim. 

Kapan Nabi Muhammad lahir? Nabi Muhammad lahir sekitar tahun 570 M di Mekah, yang kemudian dikenal sebagai Arab Saudi. Dia terlahir dari keluarga yang sederhana namun terhormat. Keluarga itu milik suku Quraisy, yang secara aktif terlibat dalam perdagangan dan politik. 

Asal Usul dan Sejarah Maulid Nabi

Perayaan ini dimulai pada hari-hari awal Islam, abad ke-11. Maulid Nabi dimulai di Mesir dengan Syiah Fatimids, yang merupakan keturunan Ali (Imam keempat). 

Maulid ini menarik sejumlah besar umat muslim yang berkumpul untuk sholat di masjid al-Azar. Mereka juga membaca Al-Qur'an. 

Kemudian, mereka berinteraksi dengan orang-orang kurang mampu, penjaga masjid, dan pejabat agama lainnya untuk berbagi manisan yang disiapkan khusus. 

Awalnya, hari itu digunakan untuk memperingati empat Maulid, yakni Muhammad, Ali, Fatimah, dan khalifah yang berkuasa. 

Pada 1207, Muzaffar al-Din Gökburi mengawasi persiapan dan perayaan di Erbil, beberapa kilometer jauhnya dari Irak. 

Penyebaran Maulid Nabi

Para misionaris sufi mulai menyebarkan Maulid Nabi ke belahan dunia lain seperti Afrika Timur. 

Antara 1254 dan 1517, para sultan Mamluk bergabung dengan mereka. Mereka membuat Maulid Nabi hidup dengan menghiasi jalan-jalan Kairo dengan kain petak dan lampu. 

Tidak seperti pada perayaan sebelumnya, mereka meningkatkan perayaan tersebut. Misalnya, mengundang penghibur dan memberikan hadiah kepada orang-orang berupa uang dan pakaian.

Berbeda dengan abad-abad sebelumnya, para sufi menghadapi beberapa tantangan terutama dari para sultan. 

Mereka menyingkirkan tenda mereka. Namun, hal itu tidak menghentikan mereka untuk merayakan dan mempopulerkan Maulid Nabi. Mereka menyampaikan undangan kepada semua raja yang memerintah Mesir dari tahun 1936 hingga 1952.

Hari libur Maulid Nabi diterima universal

Akhirnya, mereka berhasil membujuk lebih banyak umat Muslim untuk bergabung dengan mereka dalam merayakan hari kelahiran Nabi Muhammad. 

Saat ini, lebih dari 40 negara di seluruh dunia berkumpul di masjid-masjid dan tempat-tempat keagamaan lainnya untuk merayakan hari lahir Muhammad. 

Sekarang Maulid Nabi menjadi hari libur resmi di sebagian besar negara Muslim. Satu hal lagi, perayaan ini bisa berlangsung hingga 30 hari. Muslim menandai perayaan dengan makanan, doa, pengajian, dan bertukar hadiah. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper