Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kasus Korupsi Pelindo-JICT di SP3, MAKI Gugat Praperadilan 

Ada tiga alasa ingin membatalkan SP3 tersebut dengan cara menggugat praperadilan ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.
Boyamin Saiman/Istimewa
Boyamin Saiman/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI) akan menggugat praperadilan Kejaksaan Agung (Kejagung) karena menghentikan perkara dugaan tindak pidana korupsi PT Pelindo II.

Koordinator MAKI Boyamin Saiman mengatakan, bahwa pihaknya kini tengah menyusun sejumlah bukti dan argumen untuk menggugat Kejagung di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

Boyamin juga memprediksi gugatan itu sudah bisa didaftarkan ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan dalam waktu dekat.

"Dua pekan lagi, kita akan mendaftarkan gugatan praperadilan ke Kejagung karena menghentikan perkara korupsi PT Pelindo II dan PT JICT. Saat ini kami sedang menyusun gugatan dan argumennya," tuturnya saat dikonfirmasi di Jakarta, Selasa (7/9/2021).

Boyamin mengakui, pihaknya tetap menghormati tim penyidik Kejagung yang menghentikan perkara tersebut untuk memberikan kepastian hukum daripada perkara korupsi itu digantung oleh tim penyidik. Namun, kasus itu tetap tidak layak diberikan Surat Perintah Penghentian Penyidikan (SP3).

Dia menjelaskan, bahwa ada tiga alasan pihaknya ingin membatalkan SP3 tersebut dengan cara menggugat praperadilan ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

"Pertama, harga sewa itu apakah harga yang wajar termasuk murah atau malah, kedua yaitu kenapa perpanjangan kontrak itu tidak menunggu di akhir saja, malah dilakukan jauh sebelum kontraknya berakhir.”

Terakhir, Boyamin mencurigai perpanjangan itu dilakukan jauh sebelum kontrak berakhir agar tidak ada proses tender sehingga hanya ada satu pihak yang ditunjuk.

"Jadi apakah ini diperpanjang sebelum waktunya supaya tidak ada tender," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper