Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tampil di Cover Depan Vogue, Greta Thurnberg Kritik Soal Greenwashing Industri Fesyen

Greenwashing adalah strategi komunikasi atau pemasaran satu perusahaan (dalam hal ini industri fashion) untuk memberikan citra yang ramah lingkungan, baik dari segi produk, nilai, maupun tujuan perusahaan tanpa benar-benar melakukan kegiatan yang berdampak.
Greta Thunberg, remaja asal Swedia berusia 16 tahun diusulkan sebagai salah satu penerima penghargaan nobel perdamaian atas aksinya menyuarakan penanganan pemanasan global yang dinilai lamban./Reuters-/Morris Mac Matzen
Greta Thunberg, remaja asal Swedia berusia 16 tahun diusulkan sebagai salah satu penerima penghargaan nobel perdamaian atas aksinya menyuarakan penanganan pemanasan global yang dinilai lamban./Reuters-/Morris Mac Matzen

Bisnis.com, JAKARTA - Dalam wawancara dengan majalah mode Vogue, aktivis iklim Greta Thunberg mengungkapkan bahwa perusahaan mode cepat atau fast fashion menggunakan strategi 'greenwashing' untuk mengambil simpati para konsumen.

Greenwashing adalah strategi komunikasi atau pemasaran satu perusahaan (dalam hal ini industri fashion) untuk memberikan citra yang ramah lingkungan, baik dari segi produk, nilai, maupun tujuan perusahaan tanpa benar-benar melakukan kegiatan yang berdampak bagi kelestarian lingkungan.

Dalam sebuah unggahan di media sosial Instagram, Thunberg menampilkan foto dirinya untuk sampul edisi pertama Vogue Scandinavia. Dalam keterangan unggahan tersebut Thunberg berbicara tentang kontradiksi antara mode produksi massal dan fesyen keberlanjutan.

“Banyak yang membuat seolah-olah industri fesyen mulai mengambil tanggung jawab, dengan menghabiskan jumlah fantasi pada kampanye di mana mereka menggambarkan diri mereka sebagai 'berkelanjutan', 'etis', 'hijau', 'netral iklim' dan 'adil',” tulis Thunberg.

"Tapi mari kita perjelas, hampir tidak pernah sungguh-sungguh ada [ramah lingkungan] selain murni 'greenwashing'. Anda tidak dapat memproduksi fesyen secara massal atau mengkonsumsi produk berkelanjutan karena dunia [fesyen] saat ini dibentuk tidak benar-benar untuk itu. Itulah salah satu dari banyak alasan mengapa kita membutuhkan perubahan sistem.”

Thunberg kemudian menjelaskan bahwa industri fesyen adalah penyumbang besar terjadinya keadaan darurat iklim dan ekologi.

"Belum lagi dampaknya terhadap pekerja dan komunitas yang tak terhitung jumlahnya yang dieksploitasi di seluruh dunia agar beberapa orang dapat menikmati mode cepat, dan mereka hanya memperlakukan mode ini sebagai sekali pakai saja," ujar Thunberg.

Dalam wawancaranya untuk Vogue Scandinavia dia juga menjelaskan bahwa terakhir kali dia membeli produk fesyen adalah tiga tahun yang lalu.

"Dan itu adalah barang bekas. Seringkali saya hanya meminjam sesuatu dari orang yang saya kenal," ujar dia.

Citra Aktivis 

Thunberg menambahkan bahwa ada kesalahpahaman seputar sikap para aktivis. Menurut dia banyak orang berpendapat bahwa aktivis iklim memiliki pendapat negatif dan pesimis tentang kondisi iklim dunia.

Citra yang nampak pada aktivis iklim disebut Thunberg sebagai pihak yang paling suka mengeluh masalah iklim dan lingkungan dan bertindak sebagai penyebar ketakutan.

"Tidak begitu, tetapi itu justru sebaliknya kami melakukan ini karena kami berharap, kami berharap bahwa kami akan dapat membuat perubahan yang diperlukan,” ujar Thunberg

Gambar sampul majalah Vogue Skandinavia itu menampilkan Thunberg seolah-olah tengah berada di hutan sambil membelai seekor kuda. Foto bernuansa surealis fantasi itu diambil oleh fotografer Alexandrov Klum. Vogue Scandinavia sendiri dipimpin oleh Rawdah Mohamed, wanita berhijab pertama yang menjadi editor di majalah mode barat, demikian The Guardian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper