Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Polda Sumsel Tunggu Izin BI untuk Cek Saldo Rekening Heryanti Akidi Tio

Polda Sumsel harus mendapatkan izin dari Bank Indonesia untuk memeriksa rekening dari anak bungsu Akidi Tio tersebut.
Dinda Wulandari
Dinda Wulandari - Bisnis.com 03 Agustus 2021  |  18:34 WIB
Gubernur Sumsel Herman Deru (kiri) didampingi Kapolda Sumsel Irjen Pol Eko Indra Heri menerima bantuan penanganan Covid-19 secara simbolis dari keluarga Akidi Tio di Mapolda Sumsel, Palembang, Senin (26/7 - 2021) - Dok. - Antara
Gubernur Sumsel Herman Deru (kiri) didampingi Kapolda Sumsel Irjen Pol Eko Indra Heri menerima bantuan penanganan Covid-19 secara simbolis dari keluarga Akidi Tio di Mapolda Sumsel, Palembang, Senin (26/7 - 2021) - Dok. - Antara

Bisnis.com, PALEMBANG – Kepolisian Daerah Sumatra Selatan segera melayangkan surat kepada Bank Indonesia untuk mengusut rekening giro milik Heryanti, pemberi donasi Rp2 triliun, lantaran diketahui saldo tak mencukupi untuk pencairan dana fantastis tersebut.

Direktur Direktorat Kriminal Umum Polda Sumsel, Kombes Pol Hizar Siallagan mengatakan pihaknya harus mendapatkan izin dari Bank Indonesia untuk memeriksa rekening dari anak bungsu Akidi Tio tersebut.

“Setelah mendapat konfirmasi dari bank [saldo tidak cukup Rp2 triliun], maka langkah kami bersurat ke BI untuk minta izin karena terkait jumlah saldo, angka dan nomor rekening nasabah itu dilindungi dalam UU Kerahasiaan Bank,” kata Hizar dalam jumpa pers, Selasa (3/8/2021).

Hizar memaparkan berdasarkan informasi dari Bank Mandiri bahwa sesuai dengan ketentuan perbankan, saldo di rekening Heryanti tidak mencukupi dari angka bilyet giro yang diterbitkannya. Dengan demikian maka pencairan terhadap donasi yang disalurkan keluarga Akidi Tio sebesar Rp2 triliun tidak bisa dilakukan.

Dia melanjutkan kepolisian juga akan menambah saksi untuk memperkuat alat bukti dalam pemeriksaan kasus donasi itu.

“Saat ini ada lima saksi yang kami periksa, mungkin bertambah lagi untuk perkuat alat bukti,” ujarnya.

Secara terpisah, Government Business Head Bank Mandiri Regional II Sumatra Iwan Setiawan mengatakan hingga saat ini perusahaan belum bisa memberikan keterangan terkait bilyet giro tersebut.

“Untuk kasus satu ini kami tidak bisa berkomentar, mohon maaf ya,” katanya saat dihubungi Bisnis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bank indonesia bank mandiri sumatra selatan donasi Akidi Tio
Editor : Fitri Sartina Dewi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top