Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Erick Thohir Minta Indra Rudiansyah Pulang dan Buat Vaksin di Indonesia

Tidak hanya vaksin AstraZeneca untuk Covid-19, tetapi Erick juga meminta mahasiswa Indonesia yang kini kuliah di University of Oxford tersebut membuat sejumlah vaksin lain.
Indra Rudiansyah/Antara
Indra Rudiansyah/Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri BUMN Erick Thohir meminta Indra Rudiansyah untuk kembali ke Indonesia dan membantu pemerintah membuat sejumlah vaksin di Tanah Air.

Tidak hanya vaksin AstraZeneca untuk Covid-19, tetapi Erick juga meminta mahasiswa Indonesia yang kini kuliah di University of Oxford tersebut membuat sejumlah vaksin lain, mengingat tidak hanya penyakit Covid-19 yang ada di Indonesia.

Erick berharap ke depan Indonesia tidak ada lagi yang melakukan impor obat-obatan dari luar negeri tetapi bisa meracik obat sendiri.

"Hari ini kan memang semua terjebak di Covid-19, tetapi penyakit lain tetap ada, hanya karena Covid terekam setiap hari, tapi kan masih ada penyakit lainnya. Jadi harus kita siapkan vaksin lainnya," tuturnya, Jumat (23/7/2021).

Menurut Erick, Pemerintah Indonesia juga memiliki rencana membuat teknologi viral vector dan mRNA tahun 2022-2024 untuk merealisasikan pembuatan sejumlah vaksin dalam negeri tersebut.

Viral vector sendiri merupakan teknologi yang kini digunakan untuk membuat vaksin AstraZeneca. Menurut Erick, jika teknologi itu dikembangkan lagi maka bisa menciptakan vaksin lainnya.

"Paling tidak sekarang untuk jangka pendeknya itu bagaimana kita bisa produksi vaksin merah putih. Lalu, supaya kita tidak impor terus, kita bikin sendiri di tahun 2022-2024 lewat teknologi viral vector dan mRNA ini," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper