Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

5 Doa untuk Orang Sakit Supaya Cepat Sembuh

Berikut adalah 5 doa untuk orang sakit agar cepat sembuh
Ilustrasi perempuan mengalami sakit kepala atau migrain/Freepik.com
Ilustrasi perempuan mengalami sakit kepala atau migrain/Freepik.com

Bisnis.com, SOLO- Setiap orang tentu tak ingin jatuh sakit. Namun, sakit adalah hal yang manusiawi dan dapat terjadi pada semua orang meskipun dia sudah berusaha menjaga kesehatan sekalipun. Dalam Islam, datangnya penyakit merupakan bentuk ujian kesabaran, baik untuk orang yang sakit maupun yang merawatnya.

Ketika ada teman atau saudara yang jatuh sakit, maka sudah menjadi keharusan bagi kamu untuk menjenguknya. Bukan hanya dengan membawakan buah atau makanan enak, membacakan doa untuk orang yang sakit itu lebih penting karena dia butuh cepat sembuh

1. Doa saat menjenguk orang sakit

Menjenguk orang sakit merupakan hal yang dianjurkan oleh Allah Ta'ala. Bahkan, Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam mengajarkan umatnya untuk menjenguk serta mendoakan orang yang sakit. Adapun bacaan doa yang biasa Rasulullah panjatkan saat menjenguk para sahabatnya yang sakit ialah sebagai berikut.

As'alullahal azhima rabbal 'arsyil 'azhimi an yassfiyaka

Artinya:

"Aku memohon kepada Allah yang agung, Tuhan arasy yang megah agar menyembuhkanmu." (HR Abu Dawud dan At-Tirmidzi).

2. Doa untuk orangtua yang sakit

Sebagai seorang anak, kita pasti sangat sedih ketika mendapati orangtua sedang terbaring sakit. Segala upaya akan dilakukan demi kesembuhan orangtua, salah satunya dengan memanjatkan doa.

Allahumma rabban naas mudzhibal ba’si isyfi antasy-syaafii laa syafiya illaa anta syifaa’an laa yughaadiru saqoman.

Artinya:

“Ya Allah Wahai Tuhan segala manusia, hilangkanlah penyakitnya, sembukanlah ia. (Hanya) Engkaulah yang dapat menyembuhkannya, tidak ada kesembuhan melainkan kesembuhan dari-Mu, kesembuhan yang tidak kambuh lagi.” ( HR. Bukhari dan Muslim)

3. Doa saat anak sakit

Setiap orangtua tentu tak ingin melihat buah hatinya sakit. Selain mengobati secara medis dengan obat-obatan, membaca doa juga menjadi bentuk usaha yang bisa dilakukan orangtua agar anaknya lekas sembuh. Salah satu doa yang dapat dipanjatkan ialah

Imsahil ba'sa rabban nasi. Bi yadikas syifa'u. La kasyifa lahu illa anta

Artinya:

"Tuhan manusia, sapulah penyakit ini. Di tangan-Mu lah kesembuhan itu. Tidak ada yang dapat mengangkatnya kecuali Engkau.”

4. Doa ruqyah mengobati anggota tubuh yang sakit

Ini adalah salah satu doa yang bisa diamalkan ketika anggota tubuh ada yang sakit. Ini termasuk bacaan ruqyah sederhana yang diajarkan Rasulullah dan bisa diamalkan dengan cara memegang bagian tubuh yang sakit, lalu membaca

“Bismillah (3x). A’udzu billahi wa qudrotihi min syarri maa ajidu wa uhaadzir (7x)”

Artinya:

“Dengan menyebut nama Allah, dengan menyebut nama Allah, aku berlindung kepada Allah dan kuasa-Nya dari kejelekan yang aku dapatkan dan aku waspadai.” (HR. Muslim)

5. Doa untuk orang sakit dengan menyebut nama

Kamu juga dapat memberikan doa kesembuhan secara khusus bagi seseorang yang sedang sakit dengan menyebut nama orang tersebut dalam doamu. Bacaannya adalah:

Syafakallahu saqamaka, wa ghafara dzanbaka, wa ‘afaka fi dinika wa jismika ila muddati ajalika.

Artinya:

“Wahai (sebut nama orang yang sakit), semoga Allah menyembuhkanmu, mengampuni dosamu, dan mengafiatkanmu dalam hal agama serta fisikmu sepanjang usia.” (Lihat Imam An-Nawawi, Al-Adzkar, [Damaskus: Darul Mallah, 1971 M/1391 H], halaman 115).

Itulah kumpulan doa untuk orang sakit agar cepat sehat dan sembuh. Selain mendoakan, menjenguk orang sakit adalah amalan yang bersifat sunnah dan bernilai ibadah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Desyinta Nuraini
Editor : Franky Sibarani
Sumber : Popbela

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper