Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Covid-19 Belum Terkendali, Sandiaga Kirim Delegasi ke AS

Sebelumnya Presiden Joko Widodo meminta menteri maupun kepala lembaga untuk bepergian ke luar negeri jika tidak ada hal yang bersifat khusus serta tanpa ada izin dari kepala negara.
Menparekraf Sandiaga Uno. /Kemenparekraf
Menparekraf Sandiaga Uno. /Kemenparekraf

Bisnis.com, JAKARTA — Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) mengirim delegasi dari Indonesia ke Amerika Serikat untuk melakukan promosi wisata di tengah PPKM Darurat. Informasi itu disampaikan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno dalam Instagram pribadinya, @sandiuno, Minggu (18/7/2021).

Dia menjelaskan bahwa delegasi Kemenparekraf akan berangkan Selasa (20/7/2021). Para delegasi agenda Spice Up The World akan diselenggarakan di Amyang bertujuan untuk mempromosikan kuliner Indonesia, yakni membuka peluang usaha untuk UMKM kuliner Tanah Air ke level dunia. 

"Saya memutuskan untuk tidak berangkat, mengingat saat ini di dalam negeri masih dalam situasi pandemi dan PPKM, di mana banyak masyarakat yang membutuhkan sentuhan langsung berupa dukungan dan bantuan," tulis Sandiaga. 

Sandiaga kemudian menugaskan anaknya, Amyra, yang kebetulan baru saja menyelesaikan studi di Amerika Serikat untuk memandu delegasi dari Indonesia. "Saya ingin Amyra ikut serta membantu team @kemenparekraf.ri untuk mengoptimalkan event ini, mempromosikan potensi ekonomi kreatif serta pariwisata Indonesia," kata Sandiaga.

Sandiaga juga berharap seluruh warga negara Indonesia yang ada di Amerika ikut membantu dalam melancarkan agenda promosi tersebut. Ia meminta diaspora membantu memperkenalkan potensi Indonesia.

Sementara itu, mengutip Tempo, Senin (19/7/2021), Pelaksana Tugas Kepala Biro Komunikasi Publik Cecep Rukendi belum memberikan keterangan saat dikonfirmasi ihwal detail pendelegasian tersebut. Adapun Spice Up The World merupakan agenda promosi yang bertujuan mengenalkan potensi kuliner Indonesia ke Amerika.

Diluncurkannya agenda promosi itu mengacu pada data yang menunjukkan bahwa sektor kuliner memiliki kontribusi besar terhadap produk domestik bruto. Di antara subsektor ekonomi kreatif lainnya, potensi kuliner mencapai US$ 27,5 juta dengan jumlah tenaga kerja terserap 2,2 juta orang.

Sementara itu, Satuan Tugas Penanganan Covid-19 melaporkan jumlah tambahan pasien Covid-19 baru mencapai 34.257 kasus pada hari ini, Senin (19/7/2021).

Berdasarkan data terbaru Satgas Covid-19, kenaikan kasus positif tersebut menjadikan angka terkonfirmasi secara akumulasi mencapai 2.911.733 orang. Pada hari ini, Satgas melaporkan penambahan kasus sembuh harian yakni 32.217 kasus. Dengan demikian, total pasien yang telah sembuh dari Covid-19 mencapai 2.293.875 per hari ini.

Pada hari ini, Satgas melaporkan penambahan kasus sembuh harian yakni 32.217 kasus. Dengan demikian, total pasien yang telah sembuh dari Covid-19 mencapai 2.293.875 per hari ini.

Sebelum, Minggu (18/7/2021), Satgas Covid-19 melaporkan jumlah tambahan pasien Covid-19 baru mencapai 44.721 kasus sehingga totalnya mencapai 2.877.476 orang.

Pada saat yang sama, Satgas juga melaporkan penambahan kasus sembuh harian yakni 29.264 kasus dan jumlah pasien yang meninggal karena Covid-19 mencapai 1.091 kasus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Muhammad Khadafi
Sumber : Tempo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper