Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

TKA China Positif Covid-19 di Maluku, Petinggi MPR Desak Pelarangan Masuk WNA

Salah seorang tenaga kerja asing atau TKA Cina positif Covid-19 dua hari setelah masuk ke Bula, Kabupaten Seram Bagian Timur, Maluku.
Hidayat Nur Wahid-JIBI/Samdysara Saragih
Hidayat Nur Wahid-JIBI/Samdysara Saragih

Bisnis.com, JAKARTA - Sejumlah petinggi MPR mendesak Pemerintah untuk segera mengambil kebijakan pelarangan masuknya Warga Negara Asing (WNA) ke Indonesia di tengan meningkatnya kasus Covid-19, terutama dari varian Delta. 

Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid mengatakan seharusnya langkah itu dilakukan sebagai bentuk empati pemerintah kepada masyarakat yang tengah dibatasi aktivitasnya dengan Pemberlakuan Pembatasan Aktivitas Masyarakat (PPKM) Darurat. Pembatasan ini berlangsung sejak 3 Juli hingga 20 Juli 2021 nanti.

Dia pun mencontohkan adanya laporan mengenai tenaga kerja asing atau TKA asal China yang positif Covid-19 di Kabupaten Seram Bagian Timur, baru-baru ini.

"Sekarang PPKM Bukan Hanya Diberlakukan di Jawa&Bali, Maka Mestinya Pemerintah Berempati Kpd WNI Yg Terkena PPKM Darurat Dg Menutup Rapat Kedatangan WNA. 6 Negara jg sudah “tutup pintu” buat Indonesia. Apalagi terbukti ada TKA China yg positif covid-19 masuk ke Kab. Seram Timur," tulisnya di akun @hnurwahid, Selasa (13/7/2021).

Wakil Ketua MPR RI dari Fraksi Partai Demokrat Syarief Hasan juga menegaskan hal senada. Pasalnya, WNA yang masuk ke Indonesia berpotensi menjadi medium penyebaran varian baru Covid-19 di tengah laju penyebaran Covid-19 yang tidak kunjung menunjukkan tren penurunan.

Syarief Hasan menilai, masih dibiarkannya WNA masuk ke Indonesia menunjukkan kurangnya sensitifnya Pemerintah terhadap kondisi masyarakat.

"Pemerintah melarang berbagai aktivitas masyarakat, namun membuka keran WNA menunjukkan kurangnya sensivitas Pemerintah terhadap masyarakat yang sedang kesulitan ekonomi karena pembatasan ketat," ungkap Syarief Hasan, seperti dilansir laman resmi MPR.

Dilansir Tempo, salah seorang tenaga kerja asing atau TKA China positif Covid-19 masuk ke Bula, Kabupaten Seram Bagian Timur, Maluku.

Pria yang diketahui bernama Cao Changqin tersebut tiba di Kota Bula pada Minggu (4/7/2021). Padahal status Kota Bula dan Kabupaten Seram Bagian Timur saat ini merupakan zona hijau.

Dua hari setelah kedatangan, Cao memeriksakan kondisi kesehatannya di RSUD Bula setelah mengalami demam, flu dan batuk. Hasil tes swab antigen menunjukkan pria yang diketahui sebagai investor atau surveyor itu terbukti terinfeksi Covid-19 dan harus menjalani isolasi di RSUD Bula.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper