Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Survei Capres 2024: Elektabilitas Prabowo Paling Moncer, Anies-Ganjar Menyusul

Sampai dengan April 2021, popularitas dan elektabilitas Prabowo Subianto belum tertandingi oleh sejumlah tokoh politik yang usianya jauh lebih muda.
Prabowo Subianto
Prabowo Subianto

Bisnis.com, JAKARTA – Prabowo Subianto menempati urutan teratas sebagai calon presiden 2024 paling sukses, berdasarkan survei yang menilai popularitas, akseptabilitas, kepantasan dan elektabilitas. 

Survei Puspoll Indonesia pada April 2021 menunjukan untuk tingkat popularitas dan akseptabilitas Capres 2024, Prabowo mendapatkan 93,8 persen responden mengenal dan 79,9 persen suka. 

Sedangkan di urutan kedua ada nama Megawati Soekarnoputri dengan 87,3 persen mengenal dan 58,6 persen suka. Kemudian, urutan ketiga ada Anies Baswedan dengan 86,4 persen kenal dan 72,6 persen suka. 

Sementara itu, untuk tingkat kepantasan menjadi Calon Presiden, Prabowo kembali menempati urutan teratas 66,2 persen, disusul Anies Baswedan 60,1 persen, dan ketiga Sandiaga Uno sebanyak 50,8 persen. 

Di sisi lain, Sandiaga Uno dinilai paling pantas menjadi Wakil Presiden dengan hasilsurvei 54,4 persen, disusul Anies Baswedan 48,7 persen, dan Ganjar Pranowo 40 persen. 

“Nama-nama yang populer adalah nama kepala daerah meskipun mereka sudah mengatakan tidak akan mencalonkan sekalipun,” kata Muslimin Tanja, Direktur Eksekutif Puspoll Indonesia, pada paparan hasil survei Puspoll Indonesia, Minggu (23/5/2021). 

Sementara itu, untuk tingkat elektabilitas dari 22 nama yang diuji, elektabilitas ada Prabowo Subianto tetap tertinggi sampai 20,9 persen, kedua Anies Baswedan 15,4 persen, Ganjar Pranowo 13,8 persen, Sandiaga Uno 7,1 persen, dan Ridwal Kamil 4,9 persen. 

“Elektabilitas ini kami berikan pertanyaan kalau misalnya pemilihan dilakukan hari ini,” imbuh Muslimin. 

Survei Puspoll dilakukan April yang dilakukan menggunakan multi step random sampling. Responden yang diwawancarai adalah 1.600 orang dengan margin of error kurang lebih 2,45 persen, pada tingkat kepercayaan 95 persen. Sebaran responden ada di 34 provinsi dengan sampel proporsional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Mutiara Nabila
Editor : Edi Suwiknyo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper