Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Gempa Trending di Twitter, Warganet Bagikan Foto Kerusakan

BMKG mencatat gempa dirasakan oleh hampir semua penduduk sehingga membuat banyak orang terbangun, menyebabkan gerabah pecah dan barang-barang terpelanting, serta membuat tiang-tiang dan barang besar bergoyang.
M. Nurhadi Pratomo
M. Nurhadi Pratomo - Bisnis.com 21 Mei 2021  |  23:15 WIB
Salah satu rumah warga terdampak gempa M6,7 di Desa Tegalrejo, Kabupaten Blitar, Provinsi Jawa Timur, Sabtu (10 - 4) / Istimewa
Salah satu rumah warga terdampak gempa M6,7 di Desa Tegalrejo, Kabupaten Blitar, Provinsi Jawa Timur, Sabtu (10 - 4) / Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA — Gempa bumi dengan magnitudo 6,2 yang terjadi kawasan Kabupaten Blitar, Jawa Timur, pada Jumat malam (21/5/2021) sekitar pukul 19:09 WIB menjadi trending topic di Twitter.

Gempa bumi yang menurut hasil analisis BMKG memiliki mekanisme sesar naik kombinasi geser itu getarannya dirasakan di Blitar dengan intensitas V MMI dirasakan oleh hampir semua penduduk sehingga membuat banyak orang terbangun, menyebabkan gerabah pecah dan barang-barang terpelanting, serta membuat tiang-tiang dan barang besar bergoyang.

Hasil monitoring BMKG hingga pukul 20.00 WIB, terjadi dua kali gempa bumi susulan dengan magnitudo 3,1 dan 2,9 setelah gempa dengan magnitudo 5,9 di Blitar.

Topik gempa menjadi bahasan utama warganet di Twitter pada Jumat (21/5/2021) malam. Beberapa pengguna mengunggah kerusakan yang dialami.

Akun @DaryonoBMKG mengunggah gambar dampak gempa yang melanda wilayah selatan Jawa Timur Jumat (21/5/2021).

Gempa juga dirasakan hingga Kota Surabaya, Jawa Timur. Salah seorang warga yang tengah berbelanja di salah satu gerai ritel elektronik membagikan pengalaman yang dirasakan.

Mayoritas warganet pengguna Twitter mengunggah harapan agar warga Jawa Timur tetap berada dalam kondisi aman. 

BMKG mengimbau warga tetap tenang, menghindari bangunan yang retak atau rusak akibat gempa, serta memeriksa dan memastikan bangunan tempat tinggal tahan gempa dan tidak mengalami kerusakan yang dapat membahayakan kestabilan bangunan sebelum kembali ke dalam rumah.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

gempa BMKG jawa timur blitar Warganet
Editor : M. Nurhadi Pratomo

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top