Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Dies Natalis ke-64 UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Ini Harapan Wapres

Kementerian Agama yang berharap universitas Islam tertua di Indonesia ini dapat menjadi contoh perguruan tinggi Islam lainnya.
Nindya Aldila
Nindya Aldila - Bisnis.com 20 Mei 2021  |  13:33 WIB
Dies Natalis ke-64 UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Ini Harapan Wapres
Wakil Presiden Ma'ruf Amin. JIBI - Bisnis/Nancy Junita @najwashihab
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Wakil Presiden Ma’ruf Amin mendorong transformasi Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta menjadi Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN BH) agar dapat lebih cepat berkembang.

Hal tersebut disampaikan saat Dies Natalis ke-64 UIN Jakarta pada Kamis (20/5/2021). “UIN Jakarta juga sudah saatnya untuk mulai bertransformasi menjadi PTN BH yang memiliki status otonomi yang lebih luas,” kata Wapres.

Dengan beralih menjadi PTN BH, UIN Jakarta diharapkan dapat lebih cepat berkembang dan mampu berinovasi, serta mandiri.

“Termasuk untuk pengembangan keilmuan dan diskursus keislaman, serta dalam mengembangkan fungsi pengabdian sosialnya,” lanjutnya.

Seperti diketahui, saat ini UIN Jakarta masih berstatus sebagai PTN Badan Layanan Umum (BLU). Peralihan menjadi PTN BH UIN Jakarta juga mendapat dukungan dari Kementerian Agama yang berharap universitas Islam tertua di Indonesia ini dapat menjadi contoh perguruan tinggi Islam lainnya.

Dalam pidatonya, Wapres berharap UIN Syarif Hidayatullah dapat terus bersinergi dengan pemerintah untuk mengawal moderasi beragama di Tanah Air, khususnya melalui Pusat Kajian Moderasi Beragama.

Hal ini mengingat dunia tengah menghadapi dua kutub ekstrem pemikiran, yaitu konservatisme dan sekularisme dalam memahami ajaran agama.

Wapres juga meminta UIN Jakarta agar berperan aktif bersama pemerintah dalam menangani pandemi Covid-19 seperti mempercepat pemulihan perekonomian nasional melalui kegiatan riset dan kampanye penerapan protokol kesehatan.

“Selain itu, saya mengharapkan UIN Jakarta dan kampus-kampus lain di Indonesia untuk turut berperan aktif dalam melakukan pembinaan pelaku UMKM yang merupakan mayoritas pelaku usaha di tanah air,” ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

UIN Jakarta Ma'ruf Amin wapres ma'ruf amin
Editor : Oktaviano DB Hana
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top