Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Idulfitri, Rumah Warga di Perbatasan RI-Malaysia Terendam Banjir

Akibat banjir ini, sejumlah umat Muslim di Kecamatan Badau, perbatasan Indonesia-Malaysia wilayah Kapuas Hulu, tidak bisa melaksanakan ibadah salat Eid.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 14 Mei 2021  |  06:25 WIB
Pelaksana Tugas Camat Badau, Edi Suharta saat meninjau lokasi banjir yang terjadi di beberapa desa Kecamatan Badau perbatasan Indonesia-Malaysia wilayah Kapuas Hulu, Kalimantan Barat. - Antara
Pelaksana Tugas Camat Badau, Edi Suharta saat meninjau lokasi banjir yang terjadi di beberapa desa Kecamatan Badau perbatasan Indonesia-Malaysia wilayah Kapuas Hulu, Kalimantan Barat. - Antara

Bisnic.com, JAKARTA – Sejumlah permukiman warga di Kecamatan Badau, perbatasan Indonesia-Malaysia wilayah Kapuas Hulu, Kalimantan Barat dilanda banjir saat Idulfitri 1442 Hijriah.

Akibat banjir ini, sejumlah umat Muslim di daerah tersebut tidak bisa melaksanakan ibadah salat Eid.

Kepazla Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kapuas Hulu Gunawan mengatakan banyak warga yang melaporkan mereka tidak bisa melaksanakan ibadah salat Eid karena menyelamatkan barang-barang dan harta benda.

"Belum bisa diinventarisir jumlah rumah warga terdampak banjir," kata Gunawan, di Putussibau, ibu kota Kabupaten Kapuas Hulu, Kamis (13/5/2021).

 Gunawan menyatakan di Kecamatan Badau ada lima desa yang permukiman penduduknya dan fasilitas umum terendam banjir.

Menurut dia, meski pun biasanya banjir tidak berlangsung lama, namun banjir kali ini cukup tinggi, jika dibandingkan banjir pada 17-18 April 2021, belum lama ini.

"Keadaan air masih bertahan apabila terjadi hujan malam ini, diperkirakan maka banjir akan bertahan beberapa hari ke depannya, tetapi jika tidak ada hujan susulan maka diperkirakan besok akan surut kembali, sejauh ini tidak ada korban jiwa dan belum ada yang mengungsi," ujar Gunawan.

Gunawan menyebutkan, lima desa terdampak banjir yaitu Desa Sebidang, Badau, Janting, Pulau Majang, dan Desa Seriang.

"Sudah ada permukiman dan fasilitas umum yang terendam, kami akan lakukan monitoring, mudah-mudahan air segera surut," pungkasnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

banjir idulfitri

Sumber : Antara

Editor : Aprianto Cahyo Nugroho

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top