Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pekan Depan, AS Kumpulkan Perusahaan Bahas Kelangkaan Semikonduktor

Sejumlah perusahaan yang terlibat dalam rantai pasok chip mulai dari Samsung Electronics dari Korea Selatan, TSMC dari Taiwan, General Motors, Ford, Google, dan Amazon dipastikan hadir dalam pertemuan itu.
Rezha Hadyan
Rezha Hadyan - Bisnis.com 11 Mei 2021  |  10:30 WIB
Ilustrasi chip -  Bloomberg
Ilustrasi chip - Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA – Menteri Perdagangan Amerika Serikat (AS) Gina Raimondo akan menggelar pertemuan virtual dengan pihak-pihak terkait untuk membahas masalah kelangkaan chip semikonduktor pada 20 Mei mendatang.

Melansir Bloomberg pada Selasa (11/5/2021), salah seorang sumber yang enggan diungkap identitasnya menyebut perusahaan semikonduktor AS, seperti Intel, dan perusahaan asing, seperti Samsung Electronics dari Korea Selatan dan TSMC dari Taiwan, diundang dalam pertemuan tersebut bersama perusahaan-perusahaan yang membutuhkan pasokan semikonduktor, seperti General Motors, Ford, Google, dan Amazon.

Kementerian Perdagangan AS menyatakan dalam surat undangannya bahwa pertemuan virtual ini merupakan dialog terbuka untuk membahas jaringan distribusi semikonduktor, dan agenda-agenda lainnya akan diatur dalam pekan ini.

Raimando yang sebelumnya mengadakan rapat bersama Presiden Joe Biden dan para menteri lainnya pada tanggal 7 Mei lalu, mengatakan pihaknya akan melakukan apapun untuk memecahkan masalah kelangkaan semikonduktor dalam waktu dekat.

Ditambahkan pula, jalan keluar jangka panjang untuk memecahkan masalah tersebut adalah dengan AS memproduksi lebih banyak semikonduktor dan mengurangi ketergantungan kepada China dan Taiwan.

Pada tanggal 12 April lalu, pemerintah AS juga telah mengadakan pertemuan virtual yang dipimpin oleh Penasihat Keamanan Nasional AS Jake Sullivan bersama pihak Samsung Electronics, TSMC, Intel, Ford dan lainnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

amerika serikat chip

Sumber : Bloomberg

Editor : Amanda Kusumawardhani

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top