Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Menlu Retno Marsudi Lantik Tiga Konsul Jenderal, Ini Bedanya dengan Dubes

Tugas diplomasi secara formal dilakukan oleh duta besar maupun konsul jenderal. Namun, ada perbedaan kewenangan di antara keduanya.
Nindya Aldila
Nindya Aldila - Bisnis.com 05 Mei 2021  |  11:18 WIB
Menlu Retno Marsudi Lantik Tiga Konsul Jenderal, Ini Bedanya dengan Dubes
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi - Antara/Muhammad Adimaja
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Luar Negeri Retno Marsudi telah melantik perwakilan RI atau konsul jenderal di tiga wilayah negara yakni Karachi, Vancouver, dan Melbourne.

Ketiga pejabat yang dilantik adalah June Kuncoro Hadiningrat sebagai Konsul Jenderal RI di Karachi, Republik Islam Pakistan, selanjutnya Kuncoro Giri Waseso sebagai Konsul Jenderal RI di Melbourne, Australia, dan Hendra Halim sebagai Konsul Jenderal RI di Vancouver, Kanada.

Pelantikan dilaksanakan di Ruang Nusantara, Kementerian Luar Negeri, Selasa (4/5/2021). Acara pelantikan dihadiri Wakil Menteri Luar Negeri dan Sekretaris Jenderal, serta diikuti Pejabat Eselon I secara daring.

“Keluarga Besar Kementerian Luar Negeri mengucapkan selamat kepada para Konsul Jenderal yang baru dilantik, selamat bertugas mengemban amanah yang dipercayakan,” ujar Menlu Retno seperti dikutip dari siaran pers Kementerian Luar Negeri, Rabu (5/5/2021).

Tugas diplomasi secara formal dilakukan oleh duta besar maupun konsul jenderal. Perbedaannya adalah seorang konsul jenderal menangani hubungan kekonsuleran atau hubungan antarmanusia dan hubungan ekonomi, tidak termasuk hubungan politik.

Pemerintah Indonesia saat ini telah memiliki 132 perwakilan yang terdiri atas  95 Kedutaan Besar. Indonesia juga menempatkan 3 Perutusan Tetap untuk PBB di New York dan Jenewa, serta Perutusan Tetap untuk Asean di Jakarta.

Selain itu terdapat 30 Konsulat Jenderal dan 4 Konsulat Republik Indonesia. Indonesia juga telah mengangkat 64 Konsul kehormatan.

Sebagai wakil resmi sebuah negara, konsul jenderal bertindak untuk membantu dan melindungi warga negara serta memfasilitasi hubungan perdagangan dan persahabatan dengan negara tempatnya bertugas.

Seorang konsul ditugaskan di luar wilayah metropolitan atau ibu kota sebuah negara di luar negeri. Ia berkewajiban menjaga kepentingan negara serta rakyatnya yang berada di negara luar negeri tersebut.

Kantor tempat konsul bertugas disebut konsulat atau konsulat jenderal, dan umumnya berada di bawah pimpinan sebuah kedutaan besar, yang biasanya terletak di ibu kota negara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

menlu konsulat jenderal retno marsudi
Editor : Saeno
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top