Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Gubernur Rio de Janeiro Dimakzulkan Karena Korupsi Anggaran Covid-19

Pemakzulan itu dikonfirmasikan Pengadilan Brasil Jumat (30/4/2021), kendati Gubernur negara bagian Rio de Janeiro Wilson Witzel menyangkal dirinya bersalah.
Seorang pria berlari melewati ratusan makam yang digali oleh aktivis LSM Rio de Paz di Pantai Copacabana, menyimbolkan warga yang meninggal dunia akibat penyakit  Covid-19 di Rio de Janeiro, Brasil, Kamis (11/6/2020)./Antara-Reuters
Seorang pria berlari melewati ratusan makam yang digali oleh aktivis LSM Rio de Paz di Pantai Copacabana, menyimbolkan warga yang meninggal dunia akibat penyakit Covid-19 di Rio de Janeiro, Brasil, Kamis (11/6/2020)./Antara-Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Gubernur negara bagian Rio de Janeiro Wilson Witzel setelah di dituduh telah melakukan korupsi atas pembelian bahan-bahan kebutuhan medis dan layanan untuk memerangi wabah virus Corona (Covid-19).

Pemakzulan itu dikonfirmasikan Pengadilan Brasil Jumat (30/4/2021), kendati Witzel menyangkal dirinya bersalah. Terhitung sejak Agustus 2020 lalu, dia untuk sementara sudah dicopot dari jabatannya.

Tim jaksa penuntut melakukan serangkaian investigasi dan menemukan Witzel telah membeli 700 juta reais (Rp 2,4 trilun) ventilator atau alat bantu nafas. Namun kenyataanya alat tersebut tidak pernah sampai untuk merawat pasien-pasien Covid-19.

Sidang terhadap Witzel persisnya dimulai pada Jumat kemarin pukul 9 pagi di pengadilan Special Mixed (TEM). Dia telah didakwa oleh kantor Kejaksaan Federal atas dugaan keterlibatannya dalam sebuah skema penggelapan dana.

Putusan untuk memakzulkan Witzel diambil setelah persidangan yang panjang, yang dimulai pada Juni 2020 di Dewan Legislatif Rio de Janeiro. Ketika sidang dimulai, Witzel sudah dibekukan dari jabatannya oleh Mahkamah Agung.   

Pengadilan dalam putusannya menyatakan Witzel bersalah sehingga memutuskan agar dia berhenti dari jabatannya. Pengadilan menemukan Witzel telah melakukan sejumlah kebijakan yang salah dan menyalahgunakan sumber daya milik masyarakat, yang ditujukan untuk melawan pandemi Covid-19.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Tempo/Reuters
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper