Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Indonesia Dapat Hadiah Vaksin dari Uni Emirat Arab, Tiba Hari Ini

Vaksin produksi Cina tersebut merupakan bantuan dari Putra Mahkota Persatuan Emirat Arab Sheikh Mohamed Bin Zayed Al Nahyan (MBZ).
Newswire
Newswire - Bisnis.com 01 Mei 2021  |  15:29 WIB
Kotak-kotak berisi vaksin Covid-19 tertumpuk saat proses produksi di Beijing Biological Products Institute, unit dari China National Biotec Group (CNBG), anak perusahaan Sinopharm di Kota Beijing, China, Jumat (26/2/2021).  - ANTARA/REUTERS
Kotak-kotak berisi vaksin Covid-19 tertumpuk saat proses produksi di Beijing Biological Products Institute, unit dari China National Biotec Group (CNBG), anak perusahaan Sinopharm di Kota Beijing, China, Jumat (26/2/2021). - ANTARA/REUTERS

Bisnis.com, JAKARTA — Setengah juta vaksin Covid-19 merek Sinopharm pemberian Pemerintah Persatuan Emirat Arab tiba hari ini, Sabtu, (1/5/2021), pukul 12.05 WIB, di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang. Vaksin produksi Cina tersebut merupakan bantuan dari Putra Mahkota Persatuan Emirat Arab Sheikh Mohamed Bin Zayed Al Nahyan (MBZ). Tawaran bantuan pertama kali disampaikan saat kunjungan Menlu RI dan Menteri BUMN RI ke Abu Dhabi pada tanggal 21 Agustus 2020 lalu.

"Bantuan ini mencerminkan kedekatan hubungan bilateral Indonesia-Persatuan Emirat Arab, khususnya dalam 6 tahun terakhir ini," tulis Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN), dalam keterangan tertulis.

Lewat sambungan telepon, Presiden Joko Widodo mengapresiasi bantuan dari Putra Mahkota MBZ. Setengah juta dosis vaksin yang baru tiba ini, diharapkan akan membantu mempercepat program vaksinasi Covid-19 yang telah dimulai sejak Januari 2021 di Indonesia.

Terlebih di tengah munculnya tren peningkatan secara eksponensial kasus penyebaran Covid-19 di beberapa negara Indonesia, untuk terus meningkatkan kewaspadaan. Selain itu varian baru virus juga telah mulai menyebar.

KPCPEN menyebut Pemerintah terus berupaya, termasuk melalui diplomasi secara intensif, untuk mendapatkan vaksin Covid-19 bagi pemenuhan kebutuhan masyarakat Indonesia. Hingga 1 Mei 2021, Indonesia telah menerima vaksin total berjumlah 74.465.600 dosis baik dalam bentuk bahan baku (bulk) termasuk overfill, maupun dalam bentuk vaksin jadi termasuk merek Sinopharm.

Seperti diketahui pemerintah Indonesia tengah berupaya mendistribusikan vaksin Covid-19 kepada lebih dari 180 juta orang. Vaksinasi nasional ini juga menjadi upaya untuk mencapai kekebalan kelompok atau herd immunity. Di saat bersamaan pemerintah akan terus melakukan 3T (testing, tracing dan treatment) dan masyarakat diharapkan dapat terus melaksanakan secara disiplin protokol kesehatan 3M.

 #satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitangandengansabun


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Covid-19 Vaksin Covid-19 Adaptasi Kebiasaan Baru Vaksin Sinopharm

Sumber : Tempo

Editor : Muhammad Khadafi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top