Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

53 Awak KRI Nanggala-402 Gugur, Warga NU Diimbau Salat Gaib

Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siradj menyampaikan belasungkawa dan menyerukan kepada warga NU untuk melaksanakan salat gaib bagi 53 awak KRI Nanggala-402. 
Newswire
Newswire - Bisnis.com 26 April 2021  |  08:33 WIB
Doa bersama dan tahlil di rumah duka Serda Ede Pandu Yudha Kusuma di Perumahan Flamboyan, Kecamatan Soboh, Banyuwangi, Jawa Timur, Minggu (25/4/2021). - Antara
Doa bersama dan tahlil di rumah duka Serda Ede Pandu Yudha Kusuma di Perumahan Flamboyan, Kecamatan Soboh, Banyuwangi, Jawa Timur, Minggu (25/4/2021). - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Musibah gugurnya awak KRI Nanggala-402 menimbulkan duka bagi keluarga dan masyarakat Indonesia pada umumnya.

Berbagai pihak menyampaikan duka baik secara langsung maupun melalui komentar dan gambar di media sosial.

Atas musibah tersebut, Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siradj menyampaikan belasungkawa. Ia juga menyerukan kepada warga NU untuk melaksanakan salat gaib bagi 53 awak KRI Nanggala-402 yang gugur karena kapal tersebut tenggelam. 

"Saya Ketua Umum PBNU mengucapkan bela sungkawa yang sedalam-dalamnya atas gugurnya 53 awak Kapal Selam Nanggala-402 pada Ahad, 13 Ramadhan 1442 Hijriah bertepatan dengan 25 April 2021," kata KH Said Aqil Siradj dalam video yang diterima di Jakarta, Senin (26/4/2021).

KH Said Aqil mendoakan agar 53 awak KRI Nanggala-402 yang gugur diterima di sisi Allah dan diampuni segala kesalahannya.

"Katakanlah tidak sekali-kali menimpa kepada diri kita kecuali apa yang telah dikehendaki oleh Allah. Karena itu kita yakin dan kita doakan agar arwah mereka diterima di sisi Allah, ditempatkan di tempat yang indah dan damai dan mereka diampuni segala kesalahannya, diterima segala amal solehnya," katanya.

Bagi keluarga yang ditinggalkan, KH Said Aqil juga mendoakan semoga diberi ketabahan dan kesabaran atas musibah tenggelamnya KRI Nanggala-402.

"Semuanya adalah musibah dari Allah, innalilahi wa innailaihi rojiun, dan saya mengimbau kepada seluruh warga Nahdiyin agar melaksanakan salat gaib untuk arwah mereka," ujarnya.

Sebanyak 53 awak kapal KRI Nanggala-402 dinyatakan telah gugur, kata Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI) Marsekal Hadi Tjahjanto saat jumpa pers di Base Ops Lanud Ngurah Rai, Badung, Bali, Minggu petang.

Kapal selam ini membawa 53 orang yang terdiri atas 49 ABK, seorang komandan satuan, dan tiga personel senjata. Kapal hilang kontak saat komandan pelatihan hendak memberikan otoritas penembakan terpedo.

Dalam jumpa pers di Bali, Sabtu (24/4), Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengatakan status KRI Nanggala-402 telah menjadi subsunk (tenggelam) setelah tim tim pencari melakukan pencarian selama 72 jam.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pbnu Said Aqiel Siradj KRI Nanggala 402 salat gaib

Sumber : Antara

Editor : Saeno

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top