Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pemerintah Lobi Arab Saudi Terima Jemaah Haji yang Divaksin Sinovac

Pemerintah Arab Saudi hanya menerima jemaah yang telah disuntik vaksin Pfizer dan Moderna karena kedua vaksin itu telah mendapat sertifikat dari WHO.
Rayful Mudassir
Rayful Mudassir - Bisnis.com 19 April 2021  |  10:43 WIB
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin / Youtube Sekretariat Presiden
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin / Youtube Sekretariat Presiden

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengaku tengah melobi pemerintah Arab Saudi untuk meloloskan calon jemaah haji Indonesia pada musim haji pada 2021.

Pemerintah Arab Saudi memberikan syarat telah divaksin bagi jemaah yang akan berangkat haji. Akan tetapi, Saudi belum menjelaskan lebih jauh perihal kuota dan negara mana saja yang akan diberi izin masuk.

Sementara itu, Saudi dikabarkan hanya menerima jemaah yang telah disuntik vaksin Covid-19 Pfizer dan Moderna atau yang telah mendapatkan sertifikat dari WHO.

Adapun, vaksin Sinovac masih belum memperoleh Emergency Use Listing (EUL) dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

"Semua calon haji di atas 60 tahun kita sudah suntik [vaksin] semua. Kita sudah lobi ke Pemerintah Arab Saudi untuk menerima [jemaah yang disuntik vaksin Sinovac]. Kita bilang, kita sudah vaksin, tolong dibantu. Kita negara muslim terbesar, kalau terlambat [diberangkatkan haji] kasihan," kata Menkes saat webinar, Minggu (18/4/2021) malam.

Sementara itu, Menkes juga telah melobi Sinovac dan WHO untuk segera mengeluarkan EUL. Langkah ini diperlukan agar memperlancar proses keberangkatan haji bagi jemaah Indonesia apabila Saudi membuka pintu haji pada tahun ini.

Di sisi lain, BGS menyebut bahwa pemerintah selama ini telah menghabiskan banyak waktu untuk bergerak agresif memastikan ketersediaan vaksin di dalam negeri.

Selain melobi para produsen agar tetap mengirimkan vaksin di tengah upaya embargo sejumlah negara, Menkes juga menjalin komunikasi dengan pemerintahan Raja Salman guna memastikan keberangkatan para calon haji asal Indonesia.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

arab saudi Ibadah Haji Sinovac Vaksin Covid-19
Editor : Fitri Sartina Dewi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top