Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Hari Pertama UTBK, 1.708 Peserta Ikuti Ujian di UI

Pelaksanaan UTBK hari pertama di kampus UI Depok maupun Salemba diikuti oleh 1.708 peserta.
Mutiara Nabila
Mutiara Nabila - Bisnis.com 12 April 2021  |  22:41 WIB
Gedung Rektorat Universitas Indonesia. - Antara/Feru Lantara
Gedung Rektorat Universitas Indonesia. - Antara/Feru Lantara

Bisnis.com, JAKARTA — Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK-SBMPTN) 2021 telah dimulai secara serentak di seluruh Indonesia pada hari ini.

Universitas Indonesia (UI) sebagai salah satu pusat UTBK, mempersiapkan ruang kelas tempat pelaksanaan ujian tersebut di kampus UI Depok maupun Salemba. Dari jalur UTBK-SBMPTN ini (30 persen dari total daya tampung), UI akan menerima 1.644 mahasiswa baru dari 64 program studi S1 Reguler. UTBK pada pelaksanaan hari pertama ini diikuti oleh 1.708 peserta dengan pemerincian 953 peserta untuk sesi pertama dan 755 peserta untuk sesi kedua.

Tes yang menggunakan hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dan/atau kriteria lain yang ditetapkan bersama oleh Perguruan Tinggi Negeri (PTN) ini dilaksanakan di 74 PTN sebagai pelaksana Pusat UTBK di bawah koordinasi dan tanggung jawab Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT).

Pelaksanaan ujian dilakukan sebanyak dua gelombang, yaitu 12–18 April 2021 (gelombang pertama), dan 26 April–4 Mei 2021 (gelombang kedua). Adapun, keterpenuhan yang memilih pusat UTBK UI dari total kapasitas adalah 97,2 persen yaitu 28.604 peserta.

Ketua Pusat UTBK UI Abdul Haris yang juga merupakan Wakil Rektor bidang Akademik dan Kemahasiswaan, sehari sebelumnya meninjau kesiapan lokasi pelaksanaan ujian di Kampus Depok. UI telah mempersiapkan 22 lokasi ujian dengan pemerincian 16 lokasi ujian di Kampus Depok dan 6 lokasi ujian di Kampus Salemba, dengan total 51 ruang ujian dan 953 unit komputer ditambah 148 unit komputer cadangan. 

"Di setiap ruang ujian terdapat dua petugas, yaitu pengawas dan teknisi ruang ujian [lab komputer]," terang Haris melalui keterangan resmi, Senin (12/4/2021).

Adapun, untuk menjaga kelancaran pelaksanaan UTBK 2021, UI melakukan berbagai upaya untuk menerapkan protokol kesehatan guna pencegahan penularan Covid-19, juga panduan dari panitia pusat.

UI melakukan pengaturan sistem sirkulasi udara pada semua lokasi ujian agar memenuhi standar kesehatan, diantaranya, melakukan pembersihan ruangan sebelum dan sesudah ujian dilaksanakan; melakukan disinfeksi filter AC; mengoptimalkan sirkulasi udara segar di dalam ruangan. Selain itu, UI juga akan menyediakan fasilitas cuci tangan dan hand sanitizer di seluruh lokasi ujian.

Bagi peserta disabilitas (tuna daksa), pada saat pendaftaran peserta telah dialokasikan untuk berada di dua lokasi, yakni di Gedung Fakultas Ilmu Komputer Lama, dan Gedung Delapan Fakultas Ilmu Budaya dimana ruang ujian berada di lantai satu dan akses untuk disabilitas memadai.

Penyelenggaraan tes untuk peserta disabilitas (tuna netra) akan dilaksanakan pada sesi ke 7 pada hari kamis, 15 April 2021. Tercatat, terdapat 8 peserta disabilitas tuna netra yang mendaftar untuk pelaksanaan UTBK di UI. Pada pelaksanaan ujian, UI akan menyiapkan petugas yang akan mendampingi dan perlengkapan ujian yang sudah diberikan oleh LTMPT.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

nasional UTBK
Editor : Rio Sandy Pradana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top