Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pembangunan Ibu Kota Baru di Kaltim Bisa Dimulai Tahun Ini

Istana Presiden menjadi bagian awal pembangunan fisik ibu kota negara yang baru di Kalimantan Timur.
Yanita Petriella
Yanita Petriella - Bisnis.com 29 Maret 2021  |  22:18 WIB
Suasana pabrik beton kawasan Buluminung milik PT Waskita Beton Precast Tbk. di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. Perseroan mendirikan pabrik seluas 12 hektar tersebut sebagai wujud kesiapan industri konstruksi di Kaltim terkait pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) baru.  - Tim Jejalah Infrastruktur Kalimantan.
Suasana pabrik beton kawasan Buluminung milik PT Waskita Beton Precast Tbk. di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. Perseroan mendirikan pabrik seluas 12 hektar tersebut sebagai wujud kesiapan industri konstruksi di Kaltim terkait pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) baru. - Tim Jejalah Infrastruktur Kalimantan.

Bisnis.com, JAKARTA – Pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) yang baru di Kalimantan Timur dapat dimulai pada tahun ini setelah adanya undang-undang.

Dirjen Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Diana Kusumastuti mengatakan proses pembangunan yang akan dilakukan pertama kali yakni Istana Presiden.

"Groundbreaking untuk beberapa infrastruktur di antaranya Istana Presiden, jalan, dan bendungan," ujarnya pada Senin (29/3/2021).

Pembangunan istana tersebut masih menunggu adanya UU IKN. Adapun Rancangan Undang-undang (RUU) IKN saat ini sudah dimasukkan dalam Program Legislasi Nasional (Prolegnas) Prioritas 2021.

"Rencana groundbreaking ada di tahun ini. Namun tetap menunggu UU IKN," tuturnya.

Konsep rancangan istana negara di IKN tersebut berbentuk burung Garuda. Rancangan tersebut diusulkan dari sayembara yang merupakan desain dari Nyoman Nuarta. Nyoman Nuarta merupakan pematung yang memiliki rekam jejak dalam proyek ikonik, seperti Patung Garuda Wisnu Kencana di Bali.

Dia mengemukakan rancangan bangunan istana negara yang beredar di media sosial hingga saat ini belum final diputuskan.

Rancangan itu, ujarnya, masih dalam tahap pre-basic design dan akan melalui tahapan selanjutnya sebelum ditetapkan.

“Tahapan selanjutnya, basic design, lalu ada perencanaan lagi, jadi masih panjang prosesnya jadi kami masih mengatur itu. Karyanya sudah mendekati, finalnya itu masih proses, nanti sampai Agustus," tuturnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Ibu Kota Dipindah ibu kota negara
Editor : M. Syahran W. Lubis

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top