Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Bom Katedral Makassar, Kapolri: Densus Sedang Lakukan Pengembangan

Empat orang terduga teroris telah diamankan di daerah Bekasi dan Condet, Jawa Barat. Dari tangan keempat teroris tersebut ditemukan sejumlah bom aktif. 
Wahyu Susanto
Wahyu Susanto - Bisnis.com 29 Maret 2021  |  17:08 WIB
Kapolri Jenderal Listyo Sigit saat jumpa pers di Kantor Polda Sulsel, Jl Perintis Kemerdekaan, Makassar, Senin (29/3/2021). - Bisnis/Wahyu Susanto
Kapolri Jenderal Listyo Sigit saat jumpa pers di Kantor Polda Sulsel, Jl Perintis Kemerdekaan, Makassar, Senin (29/3/2021). - Bisnis/Wahyu Susanto

Bisnis.com, MAKASSAR - Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo menyebutkan satgas di Jakarta sedang melakukan pengembangan terkait kasus bom bunuh diri di Makassar.

Disebutkan Kapolri sebanyak 4 orang terduga teroris telah diamankan di daerah Bekasi dan Condet, Jawa Barat. Dari tangan keempat teroris tersebut ditemukan sejumlah bom aktif. 

"Saat ini tim Satgas Densus di Jakarta telah mengamankan 4 orang dengan identitas ZA, AA, AJ, dan BS. Dari hasil penangkapan dilakukan penggeledahan di wilayah Bekasi dan Condet ditemukan 5 bom aktif," ungkap Listyo Sigit dalam sesi jumpa pers di Polda Sulsel, Senin (29/3/2021). 

Jenis bom aktif yang ditemukan adalah bom sumbu yang siap digunakan. Selain bom, beberapa bahan peledak berupa zat kimia juga ditemukan . 

Masing-masing adalah 5 toples besar yang didalamnya berisi aseton yang biasa digunakan sebagai pembersih kuku. Ditemukan pula H2O2 yang merupakan zat kimia yang berbentuk cair. 

"Kemudian ditemukan ACL, dan Blasforder serta termometer. Bahan-bahan ini akan diolah menjadi bahan peledak jumlahnya kurang lebih 4 kilogram. Kita juga menemukan bahan peledak yang sudah jadi jenis TATP dengan jumlah 2,5 kilo gram," jelasnya. 

Lebih lanjut, Kapolri menambahkan terduga teroris yang ditangkap memiliki peran masing-masing. Ada yang membeli bahan, ada yang mengajarkan bom, ada juga yang siap menggunakan bahan tersebut. 

"Jadi saat ini tim satgas Jakarta tengah melakukan pengembangan terhadap pelaku-pelaku lain," ujar Kapolri. 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kapolri makassar bom bunuh diri
Editor : Saeno

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top