Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Tak Lulus SNMPTN 2021? LTMPT: Masih Ada Kesempatan di UTBK-SBMPTN

SNMPTN merupakan seleksi berdasarkan nilai rapor maupun prestasi lainnya, sedangkan SBMPTN merupakan seleksi berdasarkan nilai Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK).
Newswire
Newswire - Bisnis.com 22 Maret 2021  |  09:39 WIB
Sejumlah lulusan SMA mencari informasi hasil Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2020 di Depok, Jawa Barat, Jumat (14/8/2020). - Antara
Sejumlah lulusan SMA mencari informasi hasil Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2020 di Depok, Jawa Barat, Jumat (14/8/2020). - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Ketua Tim Pelaksana Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Mohammad Nasih mengatakan pihaknya memberikan kesempatan kepada peserta Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) untuk mengikuti Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2021.

Nasih mengingatkan peserta SNMPTN 2021 dapat mendaftar Ujian Tulis Berbasis Komputer atau UTBK-SBMPTN 2021 setelah pengumuman SNMPTN 2021.

"Jika peserta SNMPTN 2021, melalukan pendaftaran sebelum pengumuman dan lolos SNMPTN maka keikutsertaannya di SBMPTN tidak akan diproses dan biaya seleksi yang sudah dibayarkan tidak dapat ditarik kembali," demikian keterangannya yang dilansir Antara, Senin (22/3/2021).

Adapun, pendaftaran UTBK SBMPTN dibuka pada tanggal 15 Maret hingga 1 April 2021. Sebagai catatan, SNMPTN merupakan seleksi berdasarkan nilai rapor maupun prestasi lainnya, sedangkan SBMPTN merupakan seleksi berdasarkan nilai Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK).

Nasir mengatakan hasil SNMPTN akan diumumkan pada hari ini, Senin (22/3/2021) pukul 15.00 WIB. Pengumuman hasil SNMPTN itu dapat diakses melalui laman https://pengumuman-snmptn.ltmpt.ac.id/.

Bila peserta SNMPTN 2021 melakukan pendaftaran sebelum pengumuman dan lulus SNMPTN, maka keikutsertaannya di SBMPTN tidak akan diproses. Namun, biaya seleksi yang sudah dibayarkan tidak dapat ditarik kembali.

Berbeda dengan tahun sebelumnya, akses pengumuman SNMPTN dan SBMPTN bersifat pribadi dan individual sehingga hanya dapat diberikan kepada pihak yang bersangkutan.

“LTMPT tidak diperkenankan memberikan data pribadi peserta kepada pihak mana pun termasuk dalam bentuk mendapatkan data hasil seleksi,” jelas Nasih.

Akses masuk terhadap pengumuman hasil seleksi dilakukan oleh masing-masing peserta dengan menggunakan data pribadi melalui perangkat komputer atau alat komunikasi yang tertera pada laman website LTMPT atau PTN.

Pengumuman SNMPTN dan SBMPTN secara daring hanya dilakukan melalui laman LTMPT dan PTN hanya dilakukan melalui laman LTMPT dan PTN mirror.

Dengan demikian, lanjut dia, LTMPT tidak lagi menyampaikan data pengumuman hasil seleksi jalur SNMPTN 2021 dan SBMPTN 2021 kepada pihak di luar PTN termasuk pada sekolah dan media.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

SNMPTN perguruan tinggi negeri Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT)

Sumber : Antara

Editor : Oktaviano DB Hana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top