Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Universitas Indonesia Peringkat 8 di Asia Tenggara

Pemeringkatan ini mencakup lebih dari 600 perguruan tinggi di 48 negara yang digolongkan sebagai negara berkembang di dunia.
Rezha Hadyan
Rezha Hadyan - Bisnis.com 13 Maret 2021  |  08:48 WIB
Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. - fk.ui.ac.id
Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. - fk.ui.ac.id

Bisnis.com, JAKARTA -Universitas Indonesia (UI) menduduki peringkat ke-8 dari 46 negara di Asia Tenggara yang masuk dalam daftar Top 150 Emerging Economies University Ranking yang dirilis oleh Lembaga Pemeringkatan Perguruan Tinggi Dunia The Times Higher Education (THE).

Pemeringkatan ini mencakup lebih dari 600 perguruan tinggi di 48 negara yang digolongkan sebagai negara berkembang di dunia.

UI menjadi satu-satunya perguruan tinggi dari Indonesia yang masuk dalam Top 150 Emerging Economies University Ranking.

Sebanyak 27 bidang studi di UI berhasil masuk dalam jajaran ASEAN Emerging Economies Countries by Subject Category, yakni Accounting&Finance  (7), Archeology (5), Architecture (6), Art, Performing Arts & Design (6), Biological Sciences (7), Business&Management (8), Chemical Engineering (8), Chemistry (8), Civil Engineering (8), Communications&Media Studies (7), Computer Science (8), Economics&Econometrics (7), Electrical&Electronic Engineering (8), General Engineering (8), Geography (7), Geology, Environmental, Earth and Marine Sciences (8), History, Philosophy, Theology (7), Languages, Literature & Linguistics (7), Law (4), Mathematics & Statistics (7), Mechanical & Aerospace Engineering (8), Medicine & Dentistry (7), Other Health (7), Physics&Astronomy (8), Politics&International Studies (7), Psychology (6), dan Sociology (7).

Tahun 2021 adalah tahun kelima Indonesia masuk dalam pemeringkatan THE.

Lembaga ini melakukan pemeringkatan berdasarkan aspek performa pengajaran kegiatan belajar mengajar, rasio jumlah staf-mahasiswa, rasio lulusan bergelar sarjana-doktoral, penghargaan doktor sesuai dengan disiplin ilmu.

Kemudian, kinerja penelitian, jumlah karya perguruan tinggi yang dikutip oleh para sarjana secara global, pendapatan industri serta pandangan internasional seperti proporsi mahasiswa asing, kolaborasi internasional.

Menurut Rektor UI Prof. Ari Kuncoro, perolehan peringkat dalam pemeringkatan oleh THE ini menunjukkan bahwa UI sebagai perguruan tinggi terbaik di Indonesia berhasil direkognisi dunia dan masuk dalam jajaran perguruan tinggi unggul.

"Hal ini merupakan hasil kerja keras UI dalam meningkatkan kapasitas dan kualitas hasil riset, inovasi dan pengabdian masyarakat; memperluas jejaring dan kerjasama dengan berbagai perguruan tinggi ternama di Asia, Eropa dan Amerika; dan dalam menyelenggarakan program-program yang menarik minat mahasiswa asing untuk belajar di UI," katanya melalui keterangan resmi yang diterima oleh Bisnis pada Sabtu (13/3/2021).

Ari menambahkan, perguruan tinggi memiliki kontribusi yang besar dalam mempersiapkan sumber daya manusia yang adaptif di era revolusi industri yang bergerak sangat cepat.

Dia berharap agar kedepannya UI dapat terus meningkatkan prestasinya, berkontribusi nyata dalam membangun negeri, khususnya dalam menciptakan SDM yang unggul dan berdaya saing global.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

universitas indonesia asia tenggara
Editor : Nancy Junita

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top