Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Aplikasi JAGA Milik KPK Raih Penghargaan di Ajang Internasional

Jaringan Pencegahan Korupsi atau JAGA milik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyabet penghargaan Honorable Mention dalam ajang World Justice Challenge 2021.
Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi Republik Indonesia di Jakarta./Bisnis-Samdysara Saragih
Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi Republik Indonesia di Jakarta./Bisnis-Samdysara Saragih

Bisnis.com, JAKARTA - Platform Jaringan Pencegahan Korupsi atau JAGA milik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyabet penghargaan Honorable Mention dalam ajang World Justice Challenge 2021 yang digelar World Justice Project (WJP).

The World Justice Challenge 2021: Advancing the Rule of Law in a Time of Crisis adalah kompetisi global dengan tujuan mengidentifikasi, mengakui, dan mempromosikan praktik ataupun proyek baik berdampak tinggi yang melindungi dan memajukan supremasi hukum di masa krisis.

Dalam ajang tersebut, aplikasi JAGA terpilih dari 425 peserta yang berasal dari 114 negara. Dari 425 peserta tersebut, 30 finalis dipilih untuk maju ke tahap selanjutnya dan 10 proyek dipilih untuk diakui sebagai Honorable Mention.

Dari 30 finalis akan diseleksi untuk menghasilkan 6 pemenang. Sebanyak 5 pemenang dipilih oleh dewan juri dan 1 pemenang dipilih melalui voting. Seremoni penghargaan untuk pemenang akan dilakukan pada Mei 2021.

"Seremoni penghargaan untuk pemenang akan dilakukan pada Mei 2021," kata Plt Jubir KPK, Ipi Maryati dalam keterangannya, Kamis (11/3/2021).

Ipi mengatakan, World Justice Challenge diadakan setiap tahun dengan tema yang berbeda-beda. Tahun ini World Justice Challenge mengusung tema akses keadilan, akuntabilitas pemerintahan, antikorupsi dan open government, serta hak-hak fundamental dan non-diskriminasi.

Menurut Ipi, kriteria pemilihan finalis dan penerima penghargaan Honorable mention didasarkan pada besarnya dampak, potensi untuk replikasi dan pengembangan, serta keberlanjutan proyek dalam penanganan dampak pandemi pada empat tema yang diusung.

"Sebagai peraih penghargaan Honorable Mention, JAGA ditampilkan dalam situs WJP yang dapat diakses melalui tautan https://worldjusticeproject.org/world-justice-challenge-2021/honorable-mentions," kata Ipi.

Diketahui, The World Justice Project atau WJP merupakan organisasi multidisiplin independen yang bekerja untuk memajukan supremasi hukum di seluruh dunia dengan melibatkan advokat dari seluruh dunia dan dari berbagai kepentingan dan disiplin ilmu.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Edi Suwiknyo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper