Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ratu Inggris Buka Suara soal Isu Rasial Pasangan Harry dan Meghan Markle

Pihak kerajaan mengungkapkan "keprihatinannya" atas tuduhan rasisme selain menyatakan kesedihannya saat mengetahui betapa beratnya beban pasangan itu sebagai bangsawan.
Ratu Elizabeth/Reuters
Ratu Elizabeth/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Ratu Inggris akhirnya buka suara terkait isu rasial di tubuh kerajaan yang dibeberkan Pangeran Harry dan Duchess of Sussex Meghan Markle dengan mengatakan bahwa masalah itu akan ditangani "secara pribadi" oleh keluarga kerajaan.

Pihak kerajaan mengungkapkan "keprihatinannya" atas tuduhan rasisme selain menyatakan kesedihannya saat mengetahui betapa beratnya beban pasangan itu sebagai bangsawan. Hanya saja, sang ratu mengatakan mungkin ada perbedaan atas  apa yang dibeberkan pasangan itu.

Pernyataan tersebut dikeluarkan Istana Buckingham setelah dalam sebuah waancara televisi dengan Oprah Winfrey, Meghan mengungkapkan bahwa dia merasa ingin bunuh diri setelah seorang anggota keluarga kerajaan bertanya tentang seberapa gelap kulit putra mereka yang belum lahir.

Pernyataan singkat yang dikeluarkan atas nama Ratu berbunyi: “Seluruh keluarga sedih mengetahui sepenuhnya betapa berat beban hidup beberapa tahun terakhir ini bagi Harry dan Meghan. Isu yang diangkat, terutama ras, sangat memprihatinkan. Sementara, beberapa dari apa yang dibeberkan mungkin berbeda, dan hal itu akan ditanggapi dengan sangat serius dan akan ditangani oleh keluarga secara pribadi.”

“Harry, Meghan, dan Archie akan selalu menjadi anggota keluarga yang sangat dicintai,” menurut pernyataan itu seperti dikutip TheGuardian.com, Rabu (10/3/2021).

Tayangan wawancara pasangan itu pada pada Senin (8/3/2021) dini hari ditonton oleh lebih dari 11 juta pemirsa Inggris dan lebih dari 30 juta pemirsa secara global.

Tuduhan pasangan itu, terutama tentang ras dan masalah kesehatan mental, menyebabkan pihak istana berupaya untuk menyelidikinya. Pernyataan istana menunjukkan bahwa Ratu mendukung apa yang dilakukan pasangan tersebut.

Tidak jelas masalah apa yang dirujuk Ratu ketika dia mengatakan "apa yang dia ingat mungkin berbeda", tetapi itu bisa merujuk pada komentar atas warna kulit Archie.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper