Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Menkes : Sampai Juni 2021, 20 Persen Penduduk Sudah Divaksin

Pemerintah menargetkan 20 persen penduduk bisa divaksin Covid-19 pada akhir Juni 2021.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 03 Maret 2021  |  17:11 WIB
Presiden Joko Widodo didampingi Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin meninjau vaksinasi Covid/19 massal di Istora Senayan, Jakarta, Kamis 4 Februari 2021 / Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo didampingi Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin meninjau vaksinasi Covid/19 massal di Istora Senayan, Jakarta, Kamis 4 Februari 2021 / Sekretariat Presiden

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Kesehatan memperkirakan realisasi target vaksinasi Covid-19 bisa mencapai 20 persen pada Juni 2021 mendatang. Pemerintah di sisi lain terus berupaya mendatangkan vaksin yang mana tengah menjadi rebutan banyak negara.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin meminta masyarakat yang ingin segera mendapatkan vaksin untuk lebih bersabar karena proses pengadaan vaksin tidak mudah. Dia Menggambarkan, sebanyak 70 persen populasi di bumi membutuhkan 11 miliar dosis vaksin untuk mencapai kekebalan kelompok atau herd immunity.

Dia menambahkan, persaingan dalam mendapat vaksin Covid-19 amat ketat karena seluruh negara sama-sama tengah membutuhkannya untuk keluar dari krisis. Mantan Direktur Utama Bank Mandiri itu menyebut Indonesia beruntung karena telah mendapatkan vaksin dan memulai proses vaksinasi , lebih dulu dibandingkan dengan negara-negara lain di ASia.

Budi mengatakan pemerintah akan terus mengebut vaksinasi agar herd immunity bisa tercapai secara bertahap. Sebagaimana diketahui, untuk mencapai herd immunity, sebanyak 70 persen masyarakat usia 18 tahun ke atas yang divaksin. Rasio itu setara 181 juta penduduk Indonesia.

"Memang bertahap ini vaksinasinya, jadi bapak dan ibu mohon bersabar, sampai Juni mungkin 20 persen penduduk yang bisa divaksin, kita berusaha mendapatkan vaksin sebanyak-banyaknya, sisanya pada Juli Insya Allah bisa sebagian rakyat divaksin," katanya seperti dikutip dari Antara, Rabu (3/3/2021).

Sementara itu, menanggapi vaksinasi di Majelis Ulama Indonesia (MUI) , Menkes berharap upaya yang dilakukan pimpinan MUI ini bisa meyakinkan masyarakat untuk ikut serta dalam program vaksinasi. Ini perlu dilakukan agar Indonesia bisa cepat keluar dari krisis pandemi Covid-19.

MUI memulai vaksinasi kepada 250 pengurus pusat mulai hari ini. Secara keseluruhan ada 500 pengurus yang dijadwalkan mendapat vaksin Covid-19.

Ketua MUI Pusat Cholil Nafis mengatakan vaksinasi dilakukan dalam dua tahap untuk mencegah kerumunan. Dia menyebut, tahap kedua vaksinasi untuk pengurus MUI akan dilakukan dua pekan mendatang.

"Hari ini yang divaksin 250 orang tahap awal, tingkat pimpinan, pimpinan MUI, pimpinan komisi itu yang divaksin hari ini. Tahap kedua 250 lagi dua minggu lagi," ujarnya.

#satgasCovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitangandengansabun


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

vaksinasi Vaksin Covid-19 Adaptasi Kebiasaan Baru

Sumber : Antara

Editor : Rivki Maulana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top