Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kemenkes Raih Medali Emas di Ajang Contact Center World 2021

Kementerian Kesehatan RI juga telah memulai proses dengan melakukan inovasi internal.
Gedung Kementerian Kesehatan RI di Jakarta. -Bisnis.com/Samdysara Saragih
Gedung Kementerian Kesehatan RI di Jakarta. -Bisnis.com/Samdysara Saragih

Bisnis.com, JAKARTA – Kementerian Kesehatan Republik Indonesia kembali mendapat penghargaan Contact Center World (CCW) untuk kategori Best Technology Innovation sektor 'Government'.

Gold Medal tersebut diraih dari mengikuti ajang kompetisi dan konferensi daring Contact Center World Top Ranking Performers Competition pada 2020 untuk tahap akhir tingkat dunia (CCW World Level Year 2020).

Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat Widyawati menyebut, sebelum pencapaian ini, Kementerian Kesehatan RI juga telah memulai proses dengan melakukan inovasi internal.

Selanjutnya, ide inovasi tersebut diajukan dengan mendaftar pada Contact Center World 2020 seleksi kuesioner pada semester I/2020 dan lolos sebagai finalis dan menorehkan prestasi sebagai pemenang Gold Medal Winner and Rank #1 kategori “Best Practice Technology Innovation Contact Center di tingkat Asia Pasifik Oktober 2020.

Penghargaan serupa juga pernah diraih Kemenkes pada 2019 dengan ide inovasi yang berbeda.

“Pencapaian ini memicu Kementerian Kesehatan RI melakukan beragam perencanaan dan kegiatan out of the box untuk mendukung layanan kesehatan masyarakat Indonesia, terutama fokus pada masa pandemi ini,” ujar Widyawati, melalui keterangan resmi Kemenkes, Rabu (3/3/2021).

Konferensi dan kompetisi antara Contact Center berbagai di negara diselenggarakan oleh Contact Center World secara daring dari tanggal 8- 11 Februari 2021.

Dalam presentasinya, Widyawati menggambarkan latar belakang, apa yang sudah dilaksanakan dan beragam rencana mendukung masyarakat dalam menghadapi dan melewati masa pandemi Covid-19 ini.

Selain itu, Birokomyanmas juga menyampaikan pengenalan beberapa kegiatan dan aplikasi yang mendukung Layanan Telehealth dalam kerangka call center Halo Kemenkes 1500567.

“Artinya, contact center ini berusaha membuka pintu kemudahaan akses bagi masyarakat terutama melalui digital di masa pandemi dengan berbagai cara pengaduan, melalui chat, telepon, SMS, faksimili dan email,” jelasnya.

Selain itu, Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat Kemenkes juga sudah melaksanakan beragam kegiatan yang mengoptimalkan layanan kepada masyarakat, seperti menyusun standar pelayanan publik di lingkungan Kemenkes, kompetisi layanan Call Center pada layanan publik Kementerian Kesehatan, serta mendorong kerjasama dan koordinasi antar lembaga, pusat dan daerah sehingga memudahkan masyarakat mendapatkan akses layanan kesehatan pada masa pandemi.

Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan Oscar Primadi turut memberikan apresiasi atas penghargaan yang diberikan.

“Saya turut senang dengan capaian ini, penghargaan yang telah kita raih merupakan buah manis dari kerja keras Kementerian Kesehatan khususnya Birokomyanmas. Raihan ini tentunya menjadi amanah dan tantangan bagi kami agar lebih baik dalam berkreasi ke depannya. Sekali lagi saya sampaikan terima kasih,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Mutiara Nabila
Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper