Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Zona Kuning Covid-19 Meningkat, Satgas: Daerah Harus Termotivasi Masuk Zona Hijau

Wiku meminta pemerintah daerah menjadikan peningkatan zona kuning sebagai motivasi dalam meningkatkan kualitas penanganan Covid-19 di daerahnya.
Mutiara Nabila
Mutiara Nabila - Bisnis.com 03 Maret 2021  |  07:36 WIB
Warga menutup jalan saat simulasi pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Lokal (PSBL) di RT 05 RW 04, Petamburan, yang merupakan wilayah zona merah Covid-19 di Jakarta, Rabu (3/6/2020). - Antara\r\n
Warga menutup jalan saat simulasi pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Lokal (PSBL) di RT 05 RW 04, Petamburan, yang merupakan wilayah zona merah Covid-19 di Jakarta, Rabu (3/6/2020). - Antara\\r\\n

Bisnis.com, JAKARTA – Perkembangan peta zonasi risiko Covid-19 nasional secara kuantitatif saat ini didominasi zona oranye (sedang) dan kuning (rendah). Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito berpesan agar daerah zona kuning bisa cepat masuk ke zona hijau.

Berdasarkan data per 28 Februari 2021, zona merah (tinggi) ada 11 kabupaten/kota, zona oranye 277 kabupaten/kota, zona kuning 211 kabupaten/kota, zona hijau tidak ada kasus baru ada 11 kabupaten/kota, dan yang tidak terdampak 3 kabupaten/kota.

“Pada perkembangan pekan ini, yang menjadi perhatian ialah peningkatan jumlah zona kuning. Dari sebelumnya 95 kabupaten/kota, meningkat drastis menjadi 211 kabupaten/kota,” kata Wiku pada konferensi pers, Selasa (2/3/2021).

Kondisi ini menurut Wiku, harus terus ditingkatkan lagi dari segi penanganan dan dilakukan secara efektif dan partisipatif.

"Yang perlu diperhatikan ialah jumlah kabupaten/kota di zona oranye perlu segera ditekan, agar dapat berpindah ke zona kuning, mengingat sebagian besar kabupaten/kota berada di zona oranye," ungkapnya.

Untuk itu, Wiku meminta pemerintah daerah menjadikan peningkatan zona kuning sebagai motivasi dalam meningkatkan kualitas penanganan Covid-19 di daerahnya. Terutama, bagi daerah yang masih menghuni zona merah dan oranye agar segera melakukan evaluasi dan pembenahan.

“Untuk mencapai keberhasilan dalam penanganan, dibutuhkan kerjasama seluruh lapisan masyarakat. Sehingga melawan pandemi Covid-19 tidak hanya dilakukan pemerintah sendiri,” tegasnya.

Dengan begitu, diharapkan pada pekan-pekan selanjutnya jumlah kabupaten/kota zona merah bisa berkurang hingga tidak ada sama sekali, dan zona oranye berkurang secara perlahan.

"Karena seyogyanya, keberhasilan suatu daerah mencerminkan keberhasilan seluruh lapisan masyarakatnya, bukan hanya pemerintahnya," tambah Wiku.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

satgas Covid-19
Editor : Nancy Junita

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top