Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Cek Fakta: Menkominfo Tuding OPM Lakukan Proganda via Media Daring?

Narasi dalam infografis yang beredar menunjukkan bahwa Menkominfo Johnny G. Plate menilai OPM telah menggunakan pemberitaan media untuk membangun opini publik dan propaganda.
Oktaviano DB Hana
Oktaviano DB Hana - Bisnis.com 25 Februari 2021  |  13:45 WIB
Infografis berisi pernyataanMenteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate ihwal organisasi Papua Merdeka atau OPM - Dok.Kemenkominfo
Infografis berisi pernyataanMenteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate ihwal organisasi Papua Merdeka atau OPM - Dok.Kemenkominfo

Bisnis.com, JAKARTA - Sebuah infografis berisi pernyataan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate ihwal organisasi Papua Merdeka atau OPM beredar.

Melalui laporan isu hoaks yang dirilis, Kamis (25/2/2021), Kemenkominfo melaporkan bahwa narasi dalam infografis itu menunjukkan bahwa Menkominfo Johnny G. Plate menilai OPM telah menggunakan pemberitaan media untuk membangun opini publik dan propaganda.

Menkominfo diklaim menyatakan bahwa berbagai kejadian penembakan, pemalakan dan penusukan oleh OPM di Intan Jaya adalah bagian dari propaganda. Propaganda itu dituding dilakukan oleh kelompok OPM karena tidak mendapatkan dukungan masyarakat Papua maupun internasional.

"OPM sengaja membangun opini publik dengan memanfaatkan pemberitaan dengan memanfaatkan beberapa media online untuk meraup keuntungan untuk media itu sendiri tanpa memikirkan dampaknya terhadap masyarakat Papua dan Indonesia pada umumnya," demikian isi infografis tersebut.

Namun, hal itu dibantah oleh Kemenkominfo. Juru Bicara Kementerian Komunikasi dan Informatika Dedy Permadi menyatakan bahwa Menkominfo Johnny G. Plate tidak pernah membuat pernyataan seperti dalam infografis yang beredar.

"Kementerian Kominfo juga tidak pernah membuat infografis tersebut," jelas Dedy Permadi.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kemenkominfo hoax
Editor : Oktaviano DB Hana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top