Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kasus Covid-19, Doni Monardo: Kalau RT Disiplin, Angka Penularan akan Terkendali

Penanganan Covid-19 perlu kerja sama semua kalangan dari tingkat RT hingga ke tingkat nasional. Jika hal itu bisa diwujudkan maka pandemi corona akan mudah dikendalikan.
Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Doni Monardo. BISNIS-Abdullah Azzam
Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Doni Monardo. BISNIS-Abdullah Azzam

Bisnis.com, JAKARTA -- Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Letjen TNI Doni Monardo mengatakan untuk bahwa proses penanganan Covid-19 harus melibatkan semua kalangan untuk menenkan angka penyebaran kasus Covid-19.

Doni memaparkan bahwa sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo, rumus 3 M yakni menggunakan https://www.bisnis.com/topic/53951/Adaptasi-Kebiasaan-Barumasker, mencuci tangan dan menjaga jarak serta 3 T (tracing, testing, dan treatment), vaksinasi, serta disiplin dan kompak penyebaran dengan sendirinya akan terkendali.

"Nah kalau tingkat RT bisa dilakukan dengan baik, saya yakin kasusnya akan berkurang menjadi zona hijau," katanya, Sabtu (20/2/2021).

Menurutnya, jika seluruh RT bisa zona hijau kemudian maka RW akan menjadi hijau dan struktur wilayah di atasnya seperti keluarahan dan desa bisa menjadi zona hijau.

Dengan demikian, secara bertahap secara nasional mampu menekan angka penularan Coviid-19. "Kita bisa mampu," tegasnya.

Sebagai bukti, kata dia, tanggal 5 Februari lalu jumlah kasuss aktif ada dikisaran 176 ribu artinya ada 176 yang mendapatkan perawatan baik gejala ringan hingg kritis. Tetapi jumlah ini menurun 17%. 

"Artinya kalau bekerja sama-sama. bangsa kita mampu," tukasnya.

Adapun Satuan Tugas Penanganan Covid-19 mencatat pada 19 Februari 2021 kasus positif bertambah 10.614 orang dengan Jawa Barat menjadi provinsi dengan penambahan tertinggi yakni 3.847 orang.

Dengan penambahan tersebut, total kasus positif Covid-19 di Tatar Sunda mencapai 192.373 orang. Kemudian, DKI Jakarta menyusul Jawa Barat dengan penambahan 1.920 kasus positif baru atau kumulatif 323.031 orang.

Kemudian, Jawa Tengah menyusul dengan tambahan 1.206 kasus positif baru, Kalimantan Timur 718 kasus, dan Jawa Timur 572 kasus.

Pada Jumat lalu sebanyak 88.821 spesimen telah diperiksa yang berasal dari 71.814 orang. Walhasil, total spesimen yang diperiksa hingga saat ini mencapai 10.277.568 yang berasal dari 6.839.040 orang.

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitangandengansabun

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Edi Suwiknyo
Editor : Edi Suwiknyo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper