Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Beda dari Trump, Jadwal Rutinitas Biden Ternyata Lebih Teratur

Biden telah menetapkan jadwal rutin, termasuk minum kopi di pagi hari dengan ibu negara, rapat dan panggilan telepon dari Oval Office mulai tepat setelah jam 9 pagi dan kembali ke kediamannya pada jam 7 malam. 
Newswire
Newswire - Bisnis.com 17 Februari 2021  |  15:43 WIB
Presiden AS Joe Biden dan Ibu Negara AS Jill Biden. JIBI - Bisnis/Nancy Junita @joebiden
Presiden AS Joe Biden dan Ibu Negara AS Jill Biden. JIBI - Bisnis/Nancy Junita @joebiden

Bisnis.com, JAKARTA - Rutinitas Joe Biden ketika resmi menjabat Presiden AS ke-46 dan tinggal di Gedung Putih jauh berbeda dengan pendahulunya Donald Trump.

Biden telah menetapkan jadwal rutin, termasuk minum kopi di pagi hari dengan ibu negara, rapat dan panggilan telepon dari Oval Office mulai tepat setelah jam 9 pagi dan kembali ke kediamannya pada jam 7 malam. 

Saat berjalan pulang di sepanjang barisan pilar, dia sering terlihat membawa setumpuk binder atau map manila di balik lengannya. Dia masih membawa tas kulit cokelat ke kantor.

Dikutip dari CNN, (16/2/2021), tidak seperti Barack Obama yang menghabiskan malam hari membaca materi pengarahan atau Donald Trump yang menonton televisi saat malam, Joe Biden lebih merupakan tipe yang lebih awal tidur. Dia melanjutkan tradisi membaca surat dari Amerika, beberapa di antaranya terselip di materi pengarahan yang dia bawa pulang di malam hari.

Akhir-akhir ini mayoritas surat berisi hal tentang pandemi. Biden juga berbicara melalui konferensi video dengan pemilik bisnis dan pekerja yang di-PHK yang menghadapi krisis ekonomi.

Biden pernah menghabiskan banyak waktu di Gedung Putih sebagai wakil presiden, menavigasi lorong West Wing dan politik administrasi selama delapan tahun sebagai wakil Obama.

Dia telah menghabiskan lebih banyak waktu bekerja di Washington daripada presiden manapun dalam beberapa dekade, sehingga masa adaptasi Biden di Gedung Putih tidak terlalu lama.

"Rasanya saya akan pulang," katanya saat memasuki Gedung Putih pada Hari Pelantikan. Meskipun dia belum pernah tinggal di gedung itu sebelumnya, itu adalah semacam kembalinya seorang pria yang ingin tinggal di 1600 Pennsylvania Avenue selama bertahun-tahun.

Hari-harinya lebih terstruktur daripada hari-hari Trump, yang menghabiskan sebagian besar "waktu eksekutif-nya" untuk menonton televisi dan melakukan panggilan telepon.

Joe Biden lebih memiliki rutinitas terjadwal, meski seringkali berlangsung lebih lama dari yang direncanakan. Pertemuan di antara staf, yang dimulai sebelum 8 pagi waktu Washington setiap hari kerja, diisi konferensi langsung dan video, sementara Sayap Barat tetap memiliki staf yang sedikit karena tindakan pencegahan Covid-19.

Pada hari-hari terakhir pemerintahan Trump, yang tidak banyak menggunakan konferensi video selama pandemi, kamera dipasang di desktop untuk tim yang masuk.

Ketika Biden tidak dapat bertemu langsung dengan pejabat atau menteri kabinet, sebuah layar besar diarahkan ke Ruang Oval agar individu tersebut dapat berpartisipasi, seperti yang dilakukan Menteri Transportasi Pete Buttigieg minggu ini untuk sesi pembicaraan tentang infrastruktur.

Buttigieg diisolasi setelah salah satu agen keamanannya dinyatakan positif terkena virus Corona. Wajahnya muncul di layar di depan Meja Resolusi.

Layar tersebut juga telah digunakan untuk menampilkan grafik dan data pelacakan pandemi virus corona selama pengarahan dengan pejabat kesehatan federal.

Pada akhir pekan, Biden tetap rutin menghadiri misa publik, di Washington di Gereja Katolik Tritunggal Mahakudus di Georgetown dan di paroki asalnya di Delaware, kesempatan yang menurut para ajudan memungkinkan dia untuk berbaur kembali ke kehidupan normal, setidaknya untuk satu jam. Sesekali Joe Biden mampir ke toko roti bagel di sela waktu jalan-jalan.

Joe dan Jill Biden telah menunjukkan hubungan kasih sayang intim di depan umum dibanding presiden dan ibu negara AS sebelumnya, yang meluas ke momen-momen pribadi yang dihabiskan bersama di kediaman Gedung Putih. Untuk pertama kalinya dalam beberapa dekade, tidak ada anak-anak yang tinggal di dalam gedung, sehingga membuat Gedung Putih seakan hanya diisi oleh pasangan suami-istri itu. Jill Biden baru-baru ini terlihat mencium Joe Biden sebelum penerbangan pertamanya dengan Marine One.

Presiden Joe Biden melakukan perjalanan ke Camp David untuk pertama kalinya sejak menjabat pada liburan akhir pekan presiden.

Joe Biden mengatakan sebelum pergi, dia hanya ingin berkumpul dengan keluarga dan melakukan apa yang selalu mereka lakukan, termasuk bermain Mario Kart di arcade di dalam salah satu pondok bersama cucu perempuannya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

gedung putih Joe Biden

Sumber : Tempo

Editor : Hadijah Alaydrus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top