Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Bloomberg Prediksi Pandemi Indonesia 10 Tahun Lagi, Moeldoko: Suruh Belajar Lagi!

Menurut Moeldoko pemerintah telah menyiapkan strategi khusus untuk merampungkan vaksinasi Covid-19 nasional dalam kurun waktu 1,5 tahun.
Nyoman Ary Wahyudi
Nyoman Ary Wahyudi - Bisnis.com 07 Februari 2021  |  16:05 WIB
Peneliti beraktivitas di ruang riset vaksin Merah Putih di kantor Bio Farma, Bandung, Jawa Barat, Rabu (12/8/2020). - Antara/Dhemas Reviyanto
Peneliti beraktivitas di ruang riset vaksin Merah Putih di kantor Bio Farma, Bandung, Jawa Barat, Rabu (12/8/2020). - Antara/Dhemas Reviyanto

Bisnis.com, JAKARTA — Kepala Kantor Staf Presiden Moeldoko menampik prediksi Bloomberg ihwal akhir pandemi Covid-19 di Indonesia yang membutuhkan waktu 10 tahun.

Hal itu didasarkan Bloomberg dari perhitungan kapasitas dan kecepatan vaksinasi nasional.

“Enggak lah itu berlebihan, suruh belajar lagi lah Bloomberg,” kata Moeldoko dalam diskusi peringatan Hari Pers Nasional 2021 secara virtual pada Minggu (7/2/2021).

Menurut Moeldoko pemerintah telah menyiapkan strategi khusus untuk merampungkan vaksinasi Covid-19 nasional dalam kurun waktu 1,5 tahun.

“Kita kemarin dalam sidang kabinet sudah pikirkan bagaimana keinginan dari Pak Jokowi untuk secepatnya itu ya setahun setengah harapannya ya,” tutur Moeldoko.

Apalagi, dia menambahkan, target itu dapat dipersingkat jika vaksin Merah Putih dapat segera diproduksi di awal tahun 2022.

“Nanti kalau Vaksin Merah Putih sudah bisa diproduksi pada tahun 2022 atau lebih awal itu semakin cepat lagi. Orang Indonesia kalau kepepet itu banyak akalnya,” kata dia.

Sebelumnya, pandemi Covid-19 di Indonesia diprediksi baru akan berakhir 10 tahun lagi. Sedangkan pandemi di dunia secara global diperkirakan berakhir 7 tahun lagi.

Perhitungan ini, berdasarkan kalkulasi vaksinasi yang kini sedang dilakukan di Indonesia.

Perhitungan vaksinasi itu dirilis Bloomberg memperhitungkan jumlah vaksinasi yang dilakukan di masing-masing negara, termasuk Indonesia.

Data Bloomberg mencatat saat ini sudah ada 119 juta dosis vaksin didistribusikan dan disuntikkan ke orang-orang, termasuk di Indonesia.

Dari data yang dirilis itu, Indonesia menempati urutan ke-10 dari negara-negara yang telah melakukan vaksinasi dengan jumlah cukup tinggi.

Perhitungan 10 tahun tersebut berdasarkan jumlah vaksinasi harian yang dilakukan di Indonesia. Berdasarkan data itu, per hari, Indonesia melakukan vaksinasi sebanyak 60.433 dosis vaksin.

Sedangkan untuk mencapai herd immunity, vaksinasi harus mencakup 75 persen seluruh penduduk di Indonesia. Jumlah penduduk di Indonesia saat ini mencapai 267,7 juta.

Adapun, jumlah kasus positif di Indonesia telah mencapai 1,134 juta dengan jumlah orang meninggal sebanyak 31.202 orang.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

moeldoko Covid-19 vaksin Merah Putih herd immunity
Editor : Saeno

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top