Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Berstatus WNI atau WNA? Ini Jawaban Bupati Terpilih Sabu Raijua

Bupati terpilih Sabu Raijua Orient P Riwu Kore akhirnya angkat bicara mengenai polemik status kewarganegaraannya apakah seorang WNI atau WNA.
Orient P Riwu Kore - Istimewa
Orient P Riwu Kore - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Bupati terpilih Sabu Raijua, NTT, Orient P Riwu Kore akhirnya angkat bicara mengenai polemik status kewarganegaraannya.

Orient memastikan bahwa dirinya saat ini berstatus warga negara Indonesia (WNI). Hal ini diungkapkan Orient usai bertemu Kapolda Nusa Tenggara Timur, Inspektur Jenderal Lotharia Latif, Jumat (5/2/2021).

"Saya warga negara Indonesia. Bukan warga negara ganda juga," kata Orient kepada wartawan.

Orient mengatakan keinginannya maju sebagai calon Bupati karena amanat orang tua. "Saya maju Pilkada Sabu, karena sesuai amanat orang tua," ujarnya.

Terkait dengan status warga negara Amerika Serikat, Orient menyebutkan sudah ada ada yang mengurus. "Kalau mengenai status warga negara sudah ada yang urus," tegasnya.

Lotharia Latif mengatakan Polda bersama KPU Kabupaten dan Provinsi NTT menggelar audiensi dengan Orient Riwu Kore. "Saya masih punya kewajiban untuk melakukan pengamanan terhadap calon bupati," katanya.

Dari dialog itu, menurut dia, pihaknya menghormati proses hukum yang masih berjalan, sambil menunggu putusan pemerintah terkait hal ini. "Kita hormati proses hukum yg masih berjakan dan kita menunggu bagaiaman putusan pemerintah," katanya.

Terkait kewarganegaraan Bupati Sabu Raijua Orient Riwu Kore, dia mengaku tidak membahas hal itu. Pasalnya, hal itu sudah menjadi putusan Pemerintah.

Dia mengatakan pihaknya tetap melakukan penyelidikan atas kasus ini bekerjasama dengan Mabes Polri dan instansi untuk melihat apakah terjadi pelanggaran atau kejahatan. "Kita masih menunggu proses hukum terkait status kewarganegaraan beliau (Orient)," tegasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Tempo.Co

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper