Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Sembuh dari Covid-19, 20 Tahanan KPK Kembali Mendekam di Rutan

Sebanyak 20 tahanan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah kembali ke rumah tahanan setelah
Setyo Aji Harjanto
Setyo Aji Harjanto - Bisnis.com 03 Februari 2021  |  17:56 WIB
Juru Bicara KPK Ali Fikri - Antara\r\n\r\n
Juru Bicara KPK Ali Fikri - Antara\\r\\n\\r\\n

Bisnis.com, JAKARTA - Sebanyak 20 tahanan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang terkonfirmasi positif Covid-19 telah dinyatakan sembuh.

Sebelumnya, ke-20 tahanan tersebut menjalani isolasi mandiri maupun perawatan di RSD Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta.

Para tahanan yang terdiri dari 17 laki-laki dan 3 perempuan itu kini telah kembali ditahan di rutan KPK.

"Saat ini telah dinyatakan sembuh dan seluruhnya telah dipindahkan ke rutan KPK untuk kembali menjalani penahanan," kata Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri, Rabu (3/2/2021).

Lebih lanjut, Ali mengatakan, upaya pencegahan penyebaran virus Covid-19 di lingkungan KPK, khususnya rutan masih terus dilakukan.

Selain penyemprotan disinfektan secara berkala berkala, lembaga antirasuah juga memberlakukan kunjungan online baik terhadap penasihat hukum maupun keluarga tahanan.

"Beberapa persidangan juga dilakukan via online untuk mengurangi risiko penularan Covid-19 tersebut," katanya.

Sebelum ke 20 tahanan tersebut, sebanyak 6 orang tahanan KPK yang sebelumnya dinyatakan positif Covid-19 telah kembali dari masa pembantaran di Wisma Atlet.

Ke-6 orang tersebut adalah bagian dari 19 orang tahanan KPK yang sebelumnya telah dinyatakan positif Covid-19 dan dirawat di Wisma Atlet, Kemayoran.

"Sudah dikembalikan ke Rutan KPK cabang Gedung Merah Putih untuk menjalani masa penahanan lanjutan," kata Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri, Selasa (19/1/2021).

Kendati demikian, Ali mengatakan, dari hasil swab PCR yang dilakukan pada, Senin (18/1/2021) terhadap sisa tahanan  di rutan KPK cabang merah putih, ada 1 orang tahanan yang sudah dipindahkan ke Wisma Atlet untuk menjalani perawatan dan isolasi mandiri.

Adapun, KPK terus berupaya memutus mata rantai penyebaran Covid 19 di lingkungan KPK dengan secara berkala melakukan penyemprotan desinfektan, penerapan protokol kesehatan yang ketat bagi seluruh pihak yang beraktifitas di dalam lingkungan KPK serta rutin pemeriksaan uji Swab Antigen sesuai kebutuhan.

Adapun beberapa upaya pencegahan penularan wabah Covid 19 di lingkungan KPK telah dilakukan antara lain kunjungan penasihat hukum maupun keluarga tahanan tetap melalui online yang telah dipersiapkan sesuai jadwal kunjungan.

"Menambah waktu olahraga bagi para tahanan, memberikan toolkit anti-Covid 19 kepada seluruh tahanan, melakukan test swab secara berkala baik para tahanan, petugas rutan dan pengawal tahanan, Penyemprotan disinfectan secara berkala di seluruh ruangan rutan," kata Ali.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

KPK WISMA ATLET Covid-19
Editor : Edi Suwiknyo

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top