Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Viral Netizen Ajak Uninstall, Shopee Minta Maaf Soal Video Promosi

Direktur Utama Shopee Indonesia Handika Jahja minta maaf atas penggunaan materi yang tidak sepantasnya digunakan untuk bahan pemasaran
Feni Freycinetia Fitriani
Feni Freycinetia Fitriani - Bisnis.com 03 Februari 2021  |  17:06 WIB
Shopee - Shopee
Shopee - Shopee

Bisnis.com, JAKARTA - Shopee, salah satu aplikasi belanja online (marketplace) terbesar di Indonesia, meminta maaf atas viralnya video promosi yang membuat warganet atau netizen membuat tagar #uninstallshopee.

Direktur Utama Shopee Indonesia Handika Jahja mengatakan pelecehan seksual adalah topik yang perlu ditangani dengan penuh perhatian dan keseriusan, bukan dijadikan bahan bercanda ataupun promosi.

Dia memastikan Shopee mendengarkan setiap masukan yang disampaikan para pengguna terkait promosi di media sosial beberapa waktu lalu.

"Untuk itu, kami sepenuhnya minta maaf atas penggunaan materi yang tidak sepantasnya digunakan untuk bahan pemasaran," kata Handhika dalam keterangan resmi, Rabu (3/2/2021).

Menanggapi masukan dari warganet atau netizen, dia mengatakan Shopee telah meminta akun media sosial gosip yang bersangkutan untuk segera menurunkan materi promosi tersebut.

Menurutnya, materi promosi yang dipermasalahkan sudah diturunkan (take down) dari platform media sosial sejak kemarin sore, Selasa (2/2/2021).

"Kami berterima kasih atas kritik dan masukan ini agar kami lebih baik dan lebih berhati-hati ke depannya, sehingga kasus serupa tidak terulang kembali," imbuhnya.

Seperti diketahui, Selasa kemarin (2/2/2021), tagar #uninstallshopee membanjiri lini masa Twitter. Banyak netizen atau warganet yang mengajak pengguna untuk menghapus aplikasi belanja Shopee.

Ajakan #uninstallshopee ternyata berkaitan dengan akun gosip Lambe Turah. Beberapa waktu, lalu akun gosip Lambe Turah mengunggah semacam iklan aplikasi belanja online Shopee yang terinspirasi dari percakapan viral dari yang diduga pelaku kejahatan seksual.

Walaupun akun Instagram @lambe_turah telah menghapus unggahan tersebut, tetapi salah seorang netizen mengunggah kembali melalui akun twitter Janit (@jxnxt) dan mengungkapkan kemarahannya atas konten ini.

"....@ShopeeID this is NOT FUNNY AND VERY INSENSITIVE TO THE VICTIMS [ini tidak lucu, dan sangat tidak sensitif terhadap para korban]. Lo kira orang pada speak up about assault/ harassment tuh cuma nyari viral doang?...," tulis @jxnxt yang diunggah pada Selasa sore (2/2/2021).

Berdasarkan pengamatan Bisnis, cuitan berisi tagar #unistallshopee telah disukai oleh 14 ribu lebih akun, diretweet sebanyak hingga 5.493 kali, dan telah dikutip lebih dari 3 ribu kali.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

twitter shopee Tagar viral
Editor : Feni Freycinetia Fitriani

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top