Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Viral! Netizen Ramai-ramai Ajak Uninstall Shopee, Begini Kronologisnya

Ajakan #uninstallshopee disinyalir berkaitan dengan akun gosip di Instagram Lambe Turah. Simak kronologis kejadiannya.
Shopee/Shopee
Shopee/Shopee

Bisnis.com, JAKARTA - Selasa kemarin (2/2/2021), tagar #uninstallshopee membanjiri lini masa Twitter. Banyak netizen atau warganet yang mengajak pengguna untuk menghapus aplikasi belanja Shopee yang merupakan salah satu marketplace terbesar di Indonesia.

Ajakan #uninstallshopee disinyalir berkaitan dengan akun gosip di Instagram Lambe Turah. Beberapa waktu, lalu akun gosip Lambe Turah mengunggah semacam iklan aplikasi belanja online Shopee yang terinspirasi dari percakapan viral dari yang diduga pelaku kejahatan seksual.

Walaupun akun Instagram @lambe_turah telah menghapus unggahan tersebut, tetapi salah seorang netizen mengunggah kembali melalui akun twitter Janit (@jxnxt) dan mengungkapkan kemarahannya atas konten ini.

"....@ShopeeID this is NOT FUNNY AND VERY INSENSITIVE TO THE VICTIMS

[ini tidak lucu, dan sangat tidak sensitif terhadap para korban]. Lo kira orang pada speak up about assault/ harassment tuh cuma nyari viral doang?...," tulis @jxnxt yang diunggah pada Selasa sore (2/2/2021).

Akun Janit ini mengunggah dua tautan yang berisi dua kicauan yang disertai dua tangkapan layar dari akun Lambe Turah. Kicauan ini pun kemudian mendorong warganet untuk melakukan aksi uninstall aplikasi belanja Shopee.

Sayangnya, baik akun Lambe Turah maupun Shopee belum memberikan keterangan terkait unggahan tersebut. Selain itu, masih belum diketahui apakah unggahan Lambe Turah terkait Shopee ini merupakan endorsement atau bukan.

Berdasarkan pengamatan Bisnis, cuitan berisi tagar #unistallshopee telah disukai oleh 14 ribu lebih akun, diretweet sebanyak hingga 5.493 kali, dan telah dikutip lebih dari 3 ribu kali.

Salah seorang netizen misalnya mengomentari unggahan Janit ini dengan meminta Shopee untuk bertanggung jawab atas konten yang diunggah Lambe Turah.

"@ShopeeID TANGGUNG JAWAB??? Kok make trauma korban pelecehan sebagai bahan iklan? Peduli setan kalo ini idenya lambe turah, tim marketing lu kaga pada screening," tulis akun Nugra Gente; Jean's Bestie yang telah disukai hampir 2.000 akun.

Jika diperhatikan, akun Lambe Turah sendiri seringkali mengunggah konten serupa iklah aplikasi belanja online Shopee. Seperti unggahan pada Minggu (31/1/2021) yang mengunggah ulang video belanja hemat menggunakan ShopeePay dari akun TikTok @hypermart_id.

Selain itu, juga ada unggahan serupa iklan untuk Shopee dengan menggunakan isu viral video 15 detik yang diunggah pada Senin (25/1/2021) lalu. Pada satu unggahan ini terdiri dari dua tangkapan layar dan diakhiri dengan video 15 terkait dengan promo yang tengah berlaku di Shopee.

"Keluar lagi nih video pemersatu warga +62. Siapa yang udah liat hayoooo???," tulis keterangan unggahan Lambe Turah terkait iklan Shopee dikutip pada Rabu (3/1/2021).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper