Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Viral! Surat Eiger Buat YouTuber, Begini Isinya

Produk buatan Indonesia itu viral karena telah mengirimkan surat keberatan kepada salah satu konten kreator YouTube pada 23 Desember 2020 lalu.
Surat dari Eiger kepada Dian Widiyanarko yang viral di Twitter. /@duniadian
Surat dari Eiger kepada Dian Widiyanarko yang viral di Twitter. /@duniadian

Bisnis.com, JAKARTA - Merek barang outdoor Eiger menjadi trending topic di media sosial Twitter Indonesia. Pasalnya, produk buatan Indonesia itu viral karena telah mengirimkan surat keberatan kepada salah satu konten kreator YouTube pada 23 Desember 2020 lalu.

Dian Widiyanarko, melalui akun Twitter @duniadian, mengunggah foto yang menunjukkan surat keberatan dari pihak Eiger.

Berikut tiga poin isi surat keberatan tersebut:

  1. Kualitas video review produk yang kurang bagus dari segi pengambilan video yang menyebabkan produk kami terlihat berbeda baik dari segi warna, bahan dan aksesoris menjadi terlihat kurang jelas.
  2. Adanya suara di luar video utama yang dapat mengganggu sehingga informasi tidak jelas bagi konsumen.
  3. Setting lokasi yang kurang proper bagi pengambilan gambar.

Surat keberatan tersebut membuat Dian terkejut, karena tidak ada kerja sama dalam bentuk apapun dengan pihak Eiger dalam pembuatan video ulasan. 

"Saya kan review produk gak anda endorse. Kalau anda endorse atau ngiklan boleh lah komplen begitu. Lha ini beli, nggak gratis, lalu review pake alat sendiri," tulis Dian.

Dian menambahkan, seharusnya pihak Eiger menunjukan rasa terima kasih, karena video ulasan yang dia buat menjadi sebuah promosi secara gratis kepada 37.000 subsribers miliknya.

Pada sisi lain, dia merasa kecewa karena pihak Eiger menilai kualitas video ulasan tersebut kurang sempurna dibandingkan dengan konten kreator YouTube terkenal lainnya.

"Ya maaf kalau nggak sempurna karena saya YouTuber kaki lima belum bintang lima yang alatnya cinematik. Malah seharusnya anda berterima kasih, dapat promosi gratis ke 37ribu subscribers. Wong videonya tonenya positif," sambungnya.

Meski demikian, pria yang sudah menjadi konsumen setia Eiger sejak lama itu juga meminta maaf. Namun, dia tidak bisa menghapus video yang sudah diunggah di kanal YouTube miliknya.

Tak tanggung-tanggung, Dian juga menyatakan tidak akan membeli produk Eiger terhitung sejak hari ini. "Mulai hari ini saya tidak akan beli produk anda lagi dan tidak akan mereview di channel saya lagi. Biar hanya YouTuber bintang lima dengan alat canggih saja yang mereview produk anda," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rika Anggraeni
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper