Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sulawesi Utara Diguncang Gempa Magnitudo 7,1, Tak Berpotensi Tsunami

BMKG melaporkan guncangan tersebut terjadi di kedalaman 154 kilometer. Letaknya berada di 4,98 lintang utara dan 127,38 bujur timur.
Ilustrasi gempa/pixabay.com
Ilustrasi gempa/pixabay.com

Bisnis.com, JAKARTA - Gempa dengan magnitudo 7,1 skala richter mengguncang kawasan Sulawesi Utara pada Kamis (21/1/2021) sekitar pukul 19.31 WIB. Gempa disebut tidak menimbulkan tsunami.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan guncangan tersebut terjadi di kedalaman 154 kilometer. Letaknya berada di 4,98 lintang utara dan 127,38 bujur timur.

Adapun titik gempa berlokasi di kepulauan Talaud. Dari laporan BMKG, titik gempa berada di 134 kilometer timur laut Melonguane Sulawesi Utara dan 259 kilometer timur laut Tahuna Kepulauan Sangihe, Sulut.

Selain itu, pusat guncangan juga berjarak 334 kilometer timur laut dari Ondong, Kepulauan Sitaro Sulawesi Utara dan 465 kilometer timur laut dri Ternate Maluku Utara.

Hingga kini belum diketahui dampak dari gempa tersebut.

Seperti diketahui, wilayah Indonesia saat ini sedang mengalami peningkatan aktivitas gempa bumi yang terbilang signifikan dan guncangaannya dirasakan oleh masyarakat.

Selama periode tanggal 1 hingga 20 Januari 2021 saja, BMKG sudah mencatat gempa dirasakan sebanyak 52 kali. Kepala mitigasi gempa dan tsunami BMKG Daryono mengatakan Jumlah gempa awal Januari 2021 ini tergolong tinggi.

"Sejak 1 hingga 20 Januari 2021 hampir tiap hari tjdi gempa dirasakan, kecuali 2 hari saja yaitu 10 dan 17, tidak terjadi gempa dirasakan. Bahkan pada 14 Jan 2021 lalu di Indonesia terjadi gempa dirasakan oleh masyarakat sebanyak 8 kali" ujarnya di akun Twitternya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rayful Mudassir
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper