Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Prakiraan Cuaca 22-23 Januari, BMKG: Aceh dan Sumut Siaga Banjir

Potensi tersebut mengacu pada prakiraan cuaca yang terpantau oleh BMKG dan berlaku pada 22 Januari 2021, pukul 07.00 WIB sampai dengan 23 Januari 2021, pukul 07.00 WIB.
Mutiara Nabila
Mutiara Nabila - Bisnis.com 21 Januari 2021  |  16:42 WIB
Dokumentasi - Warga mengarungi banjir di jalan lintas nasional Medan- Banda Aceh tepatnya di Kota Lhoksukon, Aceh Utara, Minggu (6/12/2020). - Antara
Dokumentasi - Warga mengarungi banjir di jalan lintas nasional Medan- Banda Aceh tepatnya di Kota Lhoksukon, Aceh Utara, Minggu (6/12/2020). - Antara

Bisnis.com, JAKARTA – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebutkan wilayah Aceh dan Sumatera Utara berada pada kategori siaga terhadap potensi terdampak banjir dan banjir bandang lantaran hujan lebat.

Potensi tersebut mengacu pada prakiraan cuaca yang terpantau oleh BMKG dan berlaku pada 22 Januari 2021, pukul 07.00 WIB sampai dengan 23 Januari 2021, pukul 07.00 WIB.

Beberapa wilayah terpantau berpotensi hujan lebat, khususnya wilayah Aceh dan Sumatra Utara. Sementara 17 Provinsi lainnya yang masuk Indonesia Bagian Barat berada pada kategori waspada.

Merespons informasi ini, BNPB mengimbau masyarakat untuk waspada terhadap kemungkinan bahaya hidrometeorologi, seperti banjir dan banjir bandang.

Berdasarkan analisis InaRISK, sebanyak 23 wilayah administrasi setingkat kabupaten dan kota di Provinsi Aceh teridentifikasi berpotensi bahaya banjir dengan kategori sedang hingga tinggi. sedangkan pada bahaya banjir bandang, Aceh juga memiliki potensi dengan kategori yang sama di 20 wilayah.

Berdasarkan aplikasi Info BMKG, pada 23 Januari 2021, prakiraan curah hujan di Aceh Timur terjadi hujan ringan hingga lebat.

Sementara itu, pada wilayah Sumut, sebanyak 33 wilayah administrasi kabupaten dan kota berada pada potensi bahaya banjir dengan kategori sedang hingga tinggi, sedangkan 30 untuk banjir bandang.

Di samping kedua provinsi tersebut, BMKG merilis provinsi dengan tingkat waspada terhadap potensi dampak banjir dan banjir bandang berdasarkan analisis prakiraan cuaca.

Berikut wilayah dengan status waspada, yaitu Sumatera Barat, Riau, Jambi, Bengkulu, Sumatera Selatan, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, D.I. Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan.

Sementara untuk bagian Indonesia Timur yang tercatat berstatus waspada adalah Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Nusa Tenggara Timur, Maluku Utara, Papua Barat, dan Papua.

“Satu hal yang patut diwaspadai di wilayah Kalimantan Selatan. Provinsi ini mengalami banjir meluas di 11 wilayah administrasi kabupaten dan kota beberapa hari terakhir,” tulis BMKG melalui laporan tertulis, Kamis (21/1/2021).

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

banjir BMKG Cuaca Indonesia
Editor : Oktaviano DB Hana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top