Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Bantu Bungkus Nasi, HNW Sindir Risma: Itu Bukan Tugas Mensos!

Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid (HNW) menyebut tindakan Risma membungkus nasi dan memperkirakan penyebab bencana bukanlah tugas Mensos.
Mutiara Nabila
Mutiara Nabila - Bisnis.com 20 Januari 2021  |  12:02 WIB
Hidayat Nur Wahid-JIBI - Samdysara Saragih
Hidayat Nur Wahid-JIBI - Samdysara Saragih

Bisnis.com, JAKARTA – Menteri Sosial Tri Rismaharini kembali mendapat kritik keras. Kali ini Risma dikritik karena membantu korban bencana dengan ikut memasak di dapur umum dan membungkus nasi, serta memperkirakan penyebab bencana.

Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid (HNW) menyebut tindakan tersebut bukan tugas Mensos. Dia menyebut Risma baiknya beraksi membuat kebijakan dan memperbaiki distribusi bantuan sosial.

“Bukan tugas Mensos mewacanakn soal sebab erupsi Semeru atau ikut membungkus nasi untuk korban banjir. Tapi karena bencana alam makin banyak & luas, segralah buat kebijakan-kebijakan solutif & visioner," cuit HNW melalui akun Twitternya @hnurwahid, Rabu (20/1/2021).

Politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu juga meminta Risma agar sebaiknya fokus membenahi data-data bantuan sosial (Bansos).

"Perbaiki data-data untuk Bansos, dan lain-lainnya. Agar rakyat benar-benar terbantu & Mensos bisa husnulkhatimah sebagai Menteri,” ujarnya.

Namun, tanggapan Hidayat juga kemudian mendapat kecaman dari warganet.  Salah satunya dari Akun @KangAsepr yang menilai Risma tetap menjalankan tugas dan kewajiban utamanya meski membantu membungkus nasi untuk korban bencana.

“Membantu bungkusin nasi atau beropini tentang penyebab bencana, tidak berarti melalaikan tugas dan kewajibannya yang utama. Seperti, apakah tugasmu itu nyinyirin pemerintah? Tidak kan? Lalu kenapa selalu nyinyir? Ataukah memang nyinyir itu bagian dari tugasmu?” ujarnya.

Kemudian @nangkhoer menanggapi: “Nah Dayat tiap hari ngetweet bukan tugas MPR juga kan? Tapi tiap hari dayat lakuin bgitu juga dengan bu mensos mungkin dia lakukan di sela-sela tugas utamanya bgitu juga dayat pasti lakukan di sela-sela tugas utamanya. gitu lo yat.”

Sebelumnya, Menteri Sosial RI Tri Rismaharini diketahui mengunjungi posko penanganan banjir di Desa Wonoasri, Kecamatan Tempurejo, Kabupaten Jember, Jawa Timur. Saat kunjungan tersebut, Risma ikut membantu warga mengoreng tahu dan membungkus nasi.

Selain itu, Risma juga membawa sejumlah bantuan untuk korban banjir, seperti bahan pokok , perlengkapan bayi dan ibu hamil.

"Itu bantuan yang saya bawa, sesuai permintaan masyarakat di sini. Saya juga mengirim bantuan berupa telor, beras, dan abon," kata Risma dikutip dari siaran pers Kemensos, Selasa (19/1/2021).


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

hidayat nur wahid mensos tri rismaharini
Editor : Fitri Sartina Dewi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top