Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mantap! China Bakal Beri Vaksin Covid-19 Gratis untuk Myanmar

China menyatakan akan memberi sejumlah vaksin Covid-19 kepada Myanmar untuk membantu negara tersebut menangani pandemi Covid-19.
Menteri Luar Negeri China Wang Yi /Istimewa
Menteri Luar Negeri China Wang Yi /Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - China berkomitmen untuk memberikan sejumlah vaksin Covid-19 gratis kepada Myanmar. Hal itu disampaikan oleh Menteri Luar Negeri China Wang Yi saat mengakhiri kunjungan selama dua hari di Myanmar, Selasa (12/1/2021).

"China akan terus menyediakan bahan anti epidemi sesuai dengan kebutuhan Myanmar. Kami akan memberikan sejumlah vaksin virus corona secara gratis dan akan melanjutkan diskusi tentang kerja sama vaksin," kata Kementerian Luar Negeri China dalam sebuah pernyataan.

Kementerian juga mengatakan bahwa ketika Menlu Wang Yi bertemu dengan panglima tertinggi militer Myanmar Jenderal Senior Min Aung Hlaing, dia meminta dukungan militer untuk Koridor Ekonomi China-Myanmar.

Koridor tersebut adalah jaringan proyek transportasi dan infrastruktur yang melintasi daerah di mana faksi etnis minoritas saling berperang dengan pasukan pemerintah.

Pertempuran di timur laut Myanmar terkadang menyebabkan para pengungsi melarikan diri dari perbatasan ke China.

Setelah meninggalkan Myanmar, Wang Yi, anggota dewan negara dan menteri luar negeri China, akan mengunjungi Indonesia, Brunei, dan Filipina sebelum kembali ke negaranya pada 16 Januari.

Adapun, terkait kunjungan ke Indonesia, Menlu Wang Yi dikabarkan akan bertemu dengan sejumlah pejabat di Tanah Air. Dia dijadwalkan untuk bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi), Menlu Retno dan Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan.

Dari Jakarta, Wang akan melanjutkan kunjungannya ke Brunei Darussalam dan Filipina atas undangan menlu kedua negara itu. Sebelum ke Asean, Menlu Wang Yi melakukan kunjungan ke sejumlah negara di Afrika.

Wang Yi sebelumnya berencana mengunjungi Indonesia menjelang peringatan 70 tahun hubungan diplomatik Indonesia-China pada April 2020. Namun karena terjadi pandemi, maka kunjungan tersebut baru bisa dilakukan pada awal 2021.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper