Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Setelah Arab Saudi, Tiga Negara Siap Buka Hubungan Kembali dengan Qatar

Arab Saudi, Bahrain, Mesir dan UEA memberlakukan embargo diplomatik, perdagangan dan perjalanan terhadap Qatar sejak pertengahan 2017.
John Andhi Oktaveri
John Andhi Oktaveri - Bisnis.com 06 Januari 2021  |  06:41 WIB
Properti pencakar langit di Doha, ibu kota Qatar./Bloomberg - Gabriela Maj
Properti pencakar langit di Doha, ibu kota Qatar./Bloomberg - Gabriela Maj

Bisnis.com, JAKARTA—Setelah Arab Saudi, tiga negara Arab setuju untuk sepenuhnya memulihkan hubungan dengan Qatar untuk mengakhiri perselisihan lebih dari tiga tahun yang memecah negara-negara penghasil minyak pada saat ketegangan meningkat dengan Iran, menurut pemerintah Arab Saudi.

Bahrain, Uni Emirat Arab (UEA), dan Mesir menyatakan komitmen tersebut setelah kerajaan Arab Saudi menjadi tuan rumah KTT Dewan Kerjasama Teluk para pemimpin regional. Sebelumnya Arab Saudi menyatakan telah membuka hubungan diplomatik kedua negara dengan menghilangkan blokade darat maupun udara.

"Sebuah resolusi dari berbagai pertikaian dan pemulihan semua hubungan diplomatik telah disetujui oleh GCC dan Mesir, kata Menteri Luar Negeri Arab Saudi, Faisal bin Farhan pada konferensi pers seperti dikutip Bloomberg.com, Rabu (6/1/2021).

Dia menambahkan  bahwa resolusi itu akan menjadi pondasi yang kuat dan penting untuk masa depan kawasan dan stabilitas.

Pergeseran sikap itu terjadi dua minggu sebelum Presiden Donald Trump, yang telah memimpin serangan untuk melemahkan Iran, akan meninggalkan jabatannya.

Sedangkan penggantinya, Joe Biden telah berjanji untuk terlibat secara diplomatis dengan Teheran jika semua negara kembali ke ketentuan kesepakatan nuklir sebelumnya yang dinilai sangat penting.

"Apa yang kami dengar dari pemerintahan Biden menunjukkan bahwa mereka menyadari ancaman yang ditimbulkan oleh Iran, kata Faisal bin Farhan.

Arab Saudi, Bahrain, Mesir dan UEA memberlakukan embargo diplomatik, perdagangan dan perjalanan terhadap Qatar sejak pertengahan 2017. Mereka menuduh Qatar mendukung terorisme, karena menampung tokoh-tokoh dan anggota Ikhwanul Muslimin.

Selain itu, keempat negara itu menuduh Qatar menjalin hubungan erat dengan Iran, yang dinilai mengancam kestabilan wilayah Teluk. Di sisi lain, Qatar membantah tuduhan itu dan menyatakan embargo tersebut sama saja meremehkan kedaulatan negara.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bilateral arab saudi qatar diplomasi

Sumber : Bloomberg.com

Editor : Hafiyyan
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top