Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Blusukan Risma Hanya Setingan? Politisi Demokrat Sindir Mensos

Bila benar tunawisma yang ditemui Mensos Risma cuma pemeran pertunjukan sandiwara, Ibu Risma berutang penjelasan pada publik.
Nyoman Ary Wahyudi
Nyoman Ary Wahyudi - Bisnis.com 06 Januari 2021  |  20:47 WIB
Menteri Sosial Tri Rismaharini blusukan di kawasan bantaran Kali Ciliwung, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (28/12/2020). - Twitter @kemensosRI
Menteri Sosial Tri Rismaharini blusukan di kawasan bantaran Kali Ciliwung, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (28/12/2020). - Twitter @kemensosRI

Bisnis.com, JAKARTA — Politisi Partai Demokrat Rachland Nashidik menilai Menteri Sosial Tri Rismaharini berutang penjelasan kepada publik apabila kegiatan blusukannya direkayasa untuk kepentingan politik tertentu.

“Bila benar tunawisma yang ditemui Mensos Risma cuma pemeran pertunjukan sandiwara, Ibu Risma berutang penjelasan pada publik,” cuit Rachland melalui akun twitter pribadinya, Rabu (6/1/2021).

Jangan sampai, lanjut Rachland, Risma malah dituding berbohong lantaran tidak memberi klarifikasi kepada publik.

Seperti diketahui, kegiatan blusukan Risma di Ibu Kota belakangan menuai kritikan sejumlah orang.

Kritikan itu berkaitan dengan penilaian bahwa Risma tengah menjalankan politik pencitraan untuk agenda tertentu. Malahan, tidak sedikit yang berpendapat tunawisma yang disambangi Risma adalah rekayasa alias dibuat-buat.

“Kasihan PDIP, bila setelah kadernya kedapatan korupsi, kader penggantinya ternyata berbohong,” tutur Rachland.

Sementara itu, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan telah memerintahkan Kepala Dinas Sosial DKI Jakarta Irmansyah untuk mencari tahu identitas tunawisma yang disambangi Risma di sekitar kawasan Jalan Sudirman - Thamrin beberapa waktu lalu.

Perintah Anies itu disampaikan Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria kepada awak media di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu (6/1/2021). 

“Kami, saya, Pak Gubernur memerintahkan langsung Kadinsos untuk mengecek siapa orangnya, kenapa ada di situ. Setahu kami jalan ke jalan Sudirman-Thamrin itu cukup jauh. Kalo ada di pinggiran-pinggiran, ada betul,” tuturnya. 

Ariza mengaku heran dengan adanya sejumlah tunawisma di kawasan sekitar Jalan Sudirman hingga Thamrin yang dijumpai Risma.

Biasanya, ujar Ariza, tunawisma itu berada di sekitar pinggiran kota. Menurut dia, kawasan Jalan Sudirman hingga Thamrin terlalu jauh untuk dijangkau tuna wisma tersebut. 

“Memang, saya sendiri sudah hidup di Jakarta sejak umur 4 tahun, baru dengar ada tunawisma di jalan Sudirman - Thamrin,” kata Ariza.

Seperti diberitakan sebelumnya, Risma blusukan di sekitar kawasan Jalan Sudirman - Thamrin dan Jalan Pintu Air Pasar Baru, Jakarta Pusat, Senin (4/1/2021).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

partai demokrat blusukan tri rismaharini
Editor : Saeno

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

To top