Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Sandiaga Uno Gandeng Kemenkes Pulihkan Pariwisata Nasional

Sektor pariwisata diharapkan bangkit lewat penerapan protokol kesehatan K4, yakni Kebersihan, Kesehatan, Keamanan, dan Kelestarian Lingkungan) atau CHSE (Cleanliness, Healthy, Safety, and Environment Sustainability) .
Edi Suwiknyo
Edi Suwiknyo - Bisnis.com 01 Januari 2021  |  16:45 WIB
Menparekraf Sandiaga Uno bertemu Gubernur Bali I Wayan Koster, Minggu (27/12/2020)  -  Dok. Kementerian Pariwisata dan Ekraf
Menparekraf Sandiaga Uno bertemu Gubernur Bali I Wayan Koster, Minggu (27/12/2020) - Dok. Kementerian Pariwisata dan Ekraf

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menyebut salah satu syarat untuk memulihkan pariwisata nasional adalah peningkatan kedisiplinan untuk melaksanaan protokol kesehatan.

Oleh karena itu dia  kembali mengundang sekaligus berdiskusi dengan Menteri Kesehatan (Menkes) Republik Indonesia, Budi Gunadi Sadikin di Jenggala Kebayoran Baru, Jakarta Selatan pada Jumat (1/1/2021) siang. 

Mantan calon Wakil Presiden itu mengatakan bahwa lewat protokol kesehatan K4, yakni Kebersihan, Kesehatan, Keamanan, dan Kelestarian Lingkungan) atau CHSE (Cleanliness, Healthy, Safety, and Environment Sustainability), wisatawan dapat merasa aman dan nyaman.

"Saya kebetulan setelah pelantikan langsung berbicara di Istana bersama Pak Menkes, kita harus berkolaborasi untuk pariwisata dan ekonomi kreatif untuk sisi kesehatannya," ungkap Sandi dalam keterangan resminya, Jumat (1/1/2021).

Pihaknya, kata Sandi, ingin melakukan protokol kesehatan yang sesuai dengan adaptasi yang ditetapkan oleh menteri kesehatan. "Jadi pertemuan kali ini sengaja kita buat sangat informal, tapi sudah melahirkan pemikiran bersama mengenai 17 sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di era pademik, yang kita harap bisa di esekusi minggu depan," tambahnya. 

Dalam diskusi tersebut, Sandi mengaku telah menyepakati sejumlah kebijakan bersama Budi Gunadi Sadikin. 

Sejumlah keputusan strategis itu untuk menjamin rasa aman dan nyaman, baik para wisatawan maupun para pelaku usaha pariwisata dan ekonomi kreatif. 

"Kami sudah membuat keputusan strategis," ungkap Sandi disambut antusias Budi Gunadi Sadikin.

Budi Gunadi memaparkan dia percaya jika setiap rakyat yang berperan di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif bisa memiliki rasa aman, mereka pasti nyaman untuk melakukan kontak fisik, melakukan kegiatan ekonomi dan akan bekerja dengan sendirinya.

"Tugas kami adalah mendukung yang paling paham di industrinya, bagaimana membangun protokol kesehatan bersama yang spesifik, kita bangun mekanismenya, lalu kita tes, dan hasilnya diberikan kepada masyarkat yang bersangkutan," tambahnya.

Lewat sejumlah tahapan tersebut, Budi Gunadi Sadikin meyakini sektor pariwisata dan ekonomi kreatif akan kembali bangkit. 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

budi gunadi sadikin menparekraf sandiaga uno
Editor : Edi Suwiknyo

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top