Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Tangani Pandemi, Ini Harapan Epideomiolog dari Duet Budi Gunadi Sadikin-Dante

Duet Menkes Budi Gunadi Sadikin dan Wamenkes Dante Saksono Harbuwuno diharapkan bisa berhasil mengatasi pandemi Covid-19 di Indonesia.
Nyoman Ary Wahyudi
Nyoman Ary Wahyudi - Bisnis.com 23 Desember 2020  |  12:09 WIB
Ketua Satgas Pemulihan Ekonomi Nasional Budi Gunadi Sadikin saat memberikan keterangan pers di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (29/7 - 2020) / Youtube Setpres.
Ketua Satgas Pemulihan Ekonomi Nasional Budi Gunadi Sadikin saat memberikan keterangan pers di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (29/7 - 2020) / Youtube Setpres.

Bisnis.com, JAKARTA — Penunjukkan Budi Gunadi Sadikin sebagai Menteri Kesehatan yang baru dan Dante Saksono Harbuwono sebagai Wakil Menkes diharapkan dapat memperkuat sistem kesehatan publik nasional dalam menangani pandemi Covid-19.

Harapan itu disampaikan oleh Epidemiolog dari Universitas Indonesia Pandu Riono melalui akun Twitter pribadinya pada Rabu (23/12/2020).

“Budi Gunadi Sadikin dan Dante Saksono diharapkan dapat memimpin @KemenkesRI agar sukses atasi pandemi dan memperkuat sistem kesehatan publik,” cuit Pandu.

Pandu mengatakan tantangan yang bakal dihadapi oleh Kementerian Kesehatan tidaklah mudah. Menurutnya, Menteri Kesehatan yang baru dituntut untuk bisa membangun sistem surveilans yang tangguh dan mewujudkan universal health coverage.

“Dan mewujudkan universal health coverage dapat menjadi legacy bagi @jokowi,” tuturnya.

Dante Saksono Harbuwono diharapkan dapat membantu Menkes Budi Gunadi Sadikin yang tak memiliki latar belakang di bidang kesehatan untuk menghadapi tantangan yang sangat berat, khususnya dalam menangani pandemi Covid-19, serta membenahi struktur dan manajemen di Kemenkes.

"Agar mewujudkan akses kesehatan bagi semua rakyat. Fokus penguatan upaya promotif dan preventif agar tekan biaya kesehatan," ujarnya.

Lebih lanjut, dia menuturkan bahwa tingginya angka hospitalisasi dan kematian hanya bisa diatasi dengan penguatan surveilans berupa tes, pelacakan, isolasi dan peningkatan pendul berperilaku 3M sebagai pencegahan primer dalam menghadapi wabah Covid-19.

"Vaksinasi adalah pencegahan sekunder yang hanya berdampak maksimal bila pencegahan primer andal," jelasnya.

Sebelumnya, penunjukkan Budi Gunadi Sadikin sebagai Menteri Kesehatan (Menkes) menggantikan Terawan Agus Putranto juga dinilai memiliki plus-minus.

Bukan berlatar belakang kesehatan, disebut merupakan satu kelemahan. Tetapi, kemampuan mengorganisir rencana vaksinasi Covid-19, menjadi nilai plus untuk Budi. 

Sekretaris Jenderal Asosiasi Rumah Sakit Swasta Indonesia (ARSSI) Ichsan Hanafi menjelaskan Budi Gunadi memerlukan waktu agar bisa menyesuaikan diri terutama untuk urusan yang bersifat klinis.

"Kami berharap beliau bisa dibantu oleh tim yang kuat untuk masalah itu. Mungkin di sekitar Menkes banyak yang berlatar belakang medis sehingga dalam mengambil keputusan bisa terbantu," ujar Ichsan kepada Bisnis.com, Selasa (22/12/2020).

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

budi gunadi sadikin menteri kesehatan Covid-19
Editor : Fitri Sartina Dewi
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top