Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hari Ini, Jokowi Lantik 6 Menteri Baru di Kabinet Indonesia Maju

Presiden Jokowi akan melantik enam orang menteri baru yang akan bergabung di Kabinet Indonesia Maju pada hari ini, Rabu (23/12/2020).
Presiden Jokowi mengumumkan reshuffle kabinet Indonesia Maju 2020. / Biro Kepresidenan RI
Presiden Jokowi mengumumkan reshuffle kabinet Indonesia Maju 2020. / Biro Kepresidenan RI

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan melakukan pelantikan terhadap enam orang menteri baru di Kabinet Indonesia Maju pada hari ini, Rabu (23/12/2020).

"Pelantikan akan dilaksanakan insya allah pada besok pagi [hari ini]," kata Presiden Joko Widodo dalam konferensi pers di Istana Merdeka, Selasa (22/12/2020).

Seperti diketahui, kemarin, Selasa (22/12) Presiden Jokowi didampingi Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengumumkan reshuffle kabinet dan memperkenalkan enam orang menteri baru yang bergabung dalam Kabinet Indonesia Maju.

Keenam menteri baru itu antara lain adalah Tri Rismaharini sebagai Menteri Sosial, Sandiaga Salahudin Uno sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Budi Gunadi Sadikin sebagai Menteri Kesehatan.

Kemudian, Yaqut Cholil Qoumas sebagai Menteri Agama, Sakti Wahyu Trenggono sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan serta Muhammad Lutfi sebagai Menteri Perdagangan.

Adapun, Tri Rismaharini yang dipercaya Jokowi mengisi posisi Menteri Sosial ini sebelumnya menjabat sebagai Wali Kota Surabaya. Dia ditunjuk menjadi Mensos untuk menggantikan Juliari P. Batubara yang tersangkut kasus korupsi bansos Covid-19.

Sandiaga Salahudin Uno yang ditunjuk untuk mengemban tugas sebagai Menparekraf sebelumnya sempat menjabat sebagai Wagub DKI Jakarta. Dia juga dikenal sebagai pengusaha dan semat aktif di Hipmi.

Selanjutnya, Budi Gunadi Sadikin yang dipercaya untuk menempati posisi sebagai Menkes menggantikan Terawan Agus Putranto, sebelumnya menjabat sebagai Wakil Menteri BUMN. Dia juga sempat dipercaya sebagai Ketua Satuan Tugas Pemulihan Ekonomi Nasional (Satgas PEN).

Adapun, Yaqut C, Quoumas ialah seorang tokoh muslim, Ketua PP GP Ansor yang saat ini diberikan tanggung jawab oleh Presiden Jokowi sebagai Menteri Agama. Dia akan menggantikan Menag pendahulunya yaitu Fachrul Rozi.

Kemudian, Jokowi juga menunjuk Sakti Wahyu Trenggono sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP). Sebelumnya, Wahyu menjabat sebagai Wakil Menteri Pertahanan. Dia akan mengisi pos sebagai Menteri KKP yang sebelumnya kosong setelah Edhy Prabowo mengundurkan diri karena tersangkut kasus korupsi izin ekspor benur.

Menteri selanjutnya yang akan dilantik Jokowi ialah Muhammad Lutfi. Dia sebelumnya sempat menjabat sebagai kepala BKPM, Menteri Perdagangan Dubes RI untuk Jepang dan terakhir Dubes RI untuk AS. Saat ini, Lutfi kembali dipercaya oleh Jokowi untuk mengemban tugas sebagai Menteri Perdagangan menggantikan Agus Suparmanto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper