Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Profil Tri Rismaharini: Sukses Pimpin Surabaya, Kini Mensos

Ini profil Tri Rismaharini, orang pertama yang diumumkan menjadi calon menteri oleh Presiden Jokowi.
Ika Fatma Ramadhansari
Ika Fatma Ramadhansari - Bisnis.com 22 Desember 2020  |  17:48 WIB
Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini.  - ANTARA
Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini. - ANTARA

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) bersama dengan Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengumumkan reshuffle kabinet dalam keterangan pers Presiden RI, di Istana Merdeka pada Selasa (22/12/2020).

Orang pertama yang diumukan Presiden Jokowi adalah Tri Rismaharini menjadi Menteri Sosial menggantikan Juliari P. Batubara yang tertangkap oleh KKP terkait kasus korupsi bantuan sosial Kementerian Sosial yang kini diisi sementara oleh Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy.

"Yang pertama itu Tri Rismaharini. Saya kira kita tahu semuanya, dia adalah Wali Kota Surabaya dan saat ini Buk Tri Rismaharini akan kita berikan tanggung jawab untuk menjadi Menteri Sosial," kata Jokowi.

Tri Rismaharini atau Risma telah menjabat menjadi Wali Kota Surabaya selama dua periode mulai dari 2010 dan seharusnya akan mengakhiri masa jabatannya tahun ini. Selain itu Risma juga merupakan Ketua DPP bidang kebudayaan PDI Perjuangan mulai Agustus 2019 lalu.

Pada Pilkada 2020, Rabu (9/12/2020), Risma punya rencana menjadi pengajar dan mencoba berbisnis usai jabatan menjadi wali kota berakhir.

Namun, setelah Juliari tersandung kasus korupsi nama wanita kelahiran Kediri, Jawa Timur, 20 November 1961 ini memang digadang-gadang untuk menggantikan Mensos yang berasal dari Partai PDI Perjuangan.

Adapun dikutip dari situs Pemerintah Kota Surabaya pada Selasa (22/12/2020), Risma mengenyam pendidikan S2 Managemen Pembangunan Kota Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), dan S1 di Universitas yang sama dengan jurusan Arsitektur.

Sebelum menjabat menjadi Wali Kota Surabaya, dia pernah menjabat Kepala Seksi Tata Ruang dan Tata Guna Tanah Bappeko Surabaya.

Wanita pertama yang memimpin ibu kota Jawa Timur ini telah meraup berbagai penghargaan, di antaranya pada 2016 meraih penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) Kategori Mentor, Satyalencana Kebhaktian Sosial, Penghargaan Ki Hajar Award dan banyak lainnya.

Besok Rabu (23/12/2020), Tri Rismaharini beserta lima orang lainnya akan dilantik menjadi menteri oleh Presiden Jokowi.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi walikota surabaya tri rismaharini
Editor : Muhammad Khadafi
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top