Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Menteri Baru Jokowi: Sandiaga Uno Paling Tajir, Risma Paling Sedikit

Sandiaga Uno tercatat sebagai menteri baru Jokowi yang paling tajir dengan kekayaan senilai Rp5 triliun, sementara Tri Rismaharini tercatat memiliki kekayaan yang paling sedikit.
Setyo Aji Harjanto
Setyo Aji Harjanto - Bisnis.com 22 Desember 2020  |  17:03 WIB
Sandiaga Uno Dukung Grand Opening Kisaku. - istimewa
Sandiaga Uno Dukung Grand Opening Kisaku. - istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) baru saja mengumumkan 6 orang menteri baru yang bakal mengisi Kabinet Indonesia Maju.

Ke-6 orang itu adalah Tri Rismaharini yang didapuk sebagai Menteri Sosial, Sandiaga Salahudin Uno sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, dan Budi Gunadi Sadikin sebagai Menteri Kesehatan.

Kemudian ada, Muhammad Lutfi sebagai Menteri Perdagangan, Yaqut Cholil Quoumas sebagai Menteri Agama, dan Wahyu Sakti Trenggono yang didapuk jadi Menteri Kelautan dan Perikanan.

Empat dari enam Menteri yang besok bakal dilantik Jokowi sudah melaporkan harta kekayaan ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Berikut daftar kekayaannya.

Sandiaga Uno: Rp5 Triliun

Berdasarkan situs elhkpn.kpk.go.id Sandigaa terakhir kali menyerahkan LHKPN pada 2018 saat hendak maju sebagai Calon Wakil Presiden. Tercatat kekayaan Sandi mencapai Rp5,09 triliun.

Dia tercatat memiliki 15 bidang tanah dan bangunan yang tersebar di Jakarta hingga Amerika Serikat dengan nilai total Rp191,6 miliar.

Dia juga memiliki dua mobil merek Nissan dengan nilai total Rp325 juta. Selain itu Sandi tercatat memiliki harta bergerak lainnya senilai Rp3,2 miliar, surat berharga senilai Rp4,7 triliun, kas dan setara kas Rp495,9 miliar, serta harta lainnya senilai Rp41,2 miliar.

Sandiaga juga tercatat memiliki utang senilai Rp340,02 miliar.

Budi Gunadi Sadikin: Rp161 Miliar 

Budi Gunadi terakhir kali melaporkan harta kekayaannya ke KPK pada 17 Maret 2020 saat menjabat sebagai Wakil Menteri BUMN. Tercatat kekayaan Budi mencapai Rp161,7 miliar.

Secara rinci dia memiliki 6 bidang tanah dan bangunan yang tersebar di Jakarta dan Bekasi dengan nilai total Rp89 miliar.

Dia juga tercatat memiliki 3 mobil merek Mercedes Benz, Mazda, dan Mini Cooper dengan nilai total Rp1,02 miliar.

Dia tercatat memiliki harta bergerak lainnya sejumlah Rp4,3 miliar, surat berharga senilai Rp63,2 miliar, kemudian kas dan setara kas sejumlah Rp4,2 miliar. Budi tercatat tidak memiliki utang.

Muhammad Lutfi: Rp123 Miliar

Lutfi terakhir melapor LHKPN sewaktu menjabat sebagai Menteri Perdagangan di era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 2014 silam. Tercatat total kekayaan berdasarkan LHKPN tahun 2014 mencapai Rp123,5 miliar.

Dia memiliki 3 bidang tanah dan bangunan senilai Rp37,7 miliar. Tercatat juga Budi memiliki 2 mobil dan 1 motor dengan nilai total Rp2 miliar.

Harta bergerak lainnya milik Lutfi senilai Rp8,67 miliar. Kemudian Lutfi Juga tercatat memiliki surat berharga senilai Rp85,7 miliar, giro dan setara kas senilai Rp2,5 miliar, serta utang Rp13,2 miliar.

Tri Rismaharini:Rp7,1 Miliar

Wali Kota Surabaya yang didapuk jadi Mensos ini terkahir kali menyerabkan LHKPN pada Maret 2019. Tercatat dia memiliki harta kekayaan sejumlah Rp7,1 miliar.

Risma memiliki 4 bidang tanah dan bangunan senilai Rp6,4 miliar. Risma juga tercatat memiliki alat transportasi dan mesin berupa 2 buah mobil senilai Rp985 juta.

Dia juga tercatat memiliki harta bergerak lainnya senilai Rp85 juta, kas dan setara kas senilai Rp580,4 juta, serta utang sejumlah Rp952,4 juta.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi Reshuffle Kabinet kabinet indonesia maju
Editor : Edi Suwiknyo
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top